Pembina Apel Ajak Percepatan Realisasi Anggaran TA 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Apel pagi kembali digelar Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang, Senin (23/5/2022). Bertempat di halaman kantor, kegiatan diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. Meskipun gerimis, tidak mengurangi antusiasme dari peserta dalam mengikuti gelaran apel pagi tersebut.

Bertindak selaku pembina apel pada pagi ini adalah Sumari Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kankemenag Kota Semarang. Dalam amanatnya, selain ajakan berucap syukur atas nikmat yang telah diterima oleh peserta apel, juga imbauan untuk peningkatan kedisiplinan bagi pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Semarang.

Ada beberapa hal yang disampaikan sumari dalam pembinaanya, diantaranya tentang percepatan realiasi anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kankemenag Kota Semarang Tahun Anggaran (TA) 2022. “Capaian realisasi DIPA Satker (satuan kerja) Bimas Islam per 18 Mei 2022 sebesar 35%. Harapannya dengan berjalannya waktu angka realisasi akan bertumbuh sebagaimana harapan bersama bahwa pada semester pertama akan mencapai serapan minimal sebesar 50%,” tutur Sumari.

“Kepala Kankemenag Kota Semarang telah menginformasikan kepada kita bahwa bersasarkan hasil rakor (rapat koordinasi) dengan Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenag Prov. Jateng, untuk sementara serapan anggaran kita ada di peringkat ke-28, tentu ini menjadi keprihatinan bersama dan harus memacu kita untuk bisa terus berusaha agar bisa meraih angka realisasi yang diharapkan, yaitu minimal 50% pada semester pertama bahkan 70% sebagaimana yang diharapkan oleh Menteri Agama,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Sumari menyampaikan bahwa Selasa (24/5/2022) ada 2 agenda penting yang akan dilaksanakan di lingkungan Kankemenag Kota Semarang. “Besok, Seksi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umroh) akan menggelar kegiatan manasik haji tingkat Kota Semarang, begitu pula kami Seksi Bimas Islam juga akan melaksanakan kegiatan workshop moderasi beragama. Sebagaimana telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa dalam rangka percepatan realisasi anggaran, maka hal ini harus kita maklumi. Masing-masing telah menyusun schedule kegiatan, dan marilah kita saling memberikan dukungan agar seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya.

Hal lain yang Sumari sampaikan adalah pengajuan hibah atas kepemilikan tanah dari Pemerintah Kota Semarang kepada Kankemenag Kota Semarang yang saat ini dipergunakan oleh Kantor Urusan Agama (KUA), persiapan pelaksanaan pemberangkatan haji, dan adanya bantuan anggaran bagi masjid dan mushala dari Kemenag RI.(Dayat/NBA/bd)