Pembinaan Kepala MI, Kakankemenag Sampaikan 7 Program Prioritas Kemenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Kunci sukses terwujudnya madrasah yang maju, unggul, dan berprestasi terletak pada pengelolaan madrasah yang baik. Komponen di madrasah mempunyai peran besar dalam pengelolaan madrasah, baik pembelajaran serta sarpras yang ada.

Hal tersebut disampaikan Kakankemenag Klaten, Hariyadi saat memberikan pembinaan kepada Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan Swasta di gedung Serba Guna Krakitan Bayat, Senin, (30/5) dihadiri seluruh kepala MI se Kabupaten Klaten.

 “Kemenag sangat mengapresiasi jajaran kepala madrasah meski mengemban tugas yang sangat berat, namun mampu mewujudkan madrasah yang maju dan berprestasi, menuju madrasah hebat bermartabat,” tandas Hariyadi.

Terkait pembelajaran di madrasah, Kepala Madrasah agar pandai-pandainya didalam memimpin para guru untuk memberikan pembelajaran terhadap peserta didiknya.

“Kita tanamkan siswa siswi kita akhlak yang baik, karena madrasah mempunyai ciri khas yang lebih dari sekolah umum, punya keunggulan di pengetahuan umum dan agama,” harapnya.

Lebih lanjut Kakankemenag menyampaikan, 7 Program Prioritas Kemenag Tahun 2022, yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University. “Seluruh satker termasuk madrasah wajib untuk mensukseskan program tersebut,” jelasnya.

Untuk mewujudkan program tersebut perlu dilakukan peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta suasana kerukunan hidup umat beragama yang harmonis.

“Pemenuhan kebutuhan akan pelayanan kehidupan beragama yang berkualitas dan merata dan peningkatan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan juga menjadi misi Kementerian Agama,” tuturnya.

Kakankemenag juga mengajak agar seluruh Kepala MI untuk saling bersinergi dengan baik serta menjalankan tugas sebagai pendidik, dan pentingnya transformasi digital dilakukan untuk mewujudkan mutu pendidikan, imbuh Kakankemenag.(sm_aj/Sua)