Penyuluh Agama Islam Kab. Kendal Bekali Lansia Dalam Melaui Masa Senja

Kendal – Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup para lansia, Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan kegiatan penyuluhan di Mushola Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Kankemenag Kendal dengan Pengelola Panti dilakukan pada Rabu, 11 Mei 2022 pukul 10.30-11.30. Para peserta yang terdiri dari pengelola dan penghuni panti sangat antusis mengikuti kegiatan.

Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal ini berdiri diatas lahan seluas 22.243 meter persegi yang terdiri dari 17 unit bangunan berupa Gedung Kantor (2 bangunan), Aula, Asrama, Polikinik, Mushola, Ruang Makan, Ruang Ketrampilan, Rumah Dinas dan Ruang Pamulasaraan Jenazah.

Sasaran garapan Panti yang terletak di Jambangan, Botomulyo, Kec. Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah ini ialah para lanjut usia yang memenuhi kriteria meliputi ; usia minimal 60 (enam puluh) tahun, tidak memiliki tempat kediaman tetap, tidak memiiki keluarga sama sekali, memiliki keluarga namun tidak mampu mengurusnya, mengalami perlakuan salah dalam keluarga serta lanjut usia korban bencana. Sehingga penghuni panti datang dari bebagai

Adapun Target Capaian Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal dan Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Weleri Kendal meliputi; penyelenggarakan kegiatan pelayanan sosial kepada lanjut usia serta pengembangan kegiatan yang positif bagi mereka.

Dalam kegiatan tersebut peserta nampak sangat haus ilmu agama sebagai bekal menghadapi hari tua, apalagi sebagian besar penghuni panti berasal dari masyarakat miskin dan bekas gelandangan yang minim pendidikan. Yamahsari yang menjadi pemateri acara tersebut dan sekaligus sebagai Ketua Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menekankan pentingnya mempersiapakan mentalitas yang positif dalam menjalani usia senja agar nantinya bisa selamat di dunia dan akhirat. Selain itu ia menekankan pentingnya para lansia untuk lebih berpasrah diri pada Allah serta memperbanyak ibadah sebagai bekal hidup di hari akhir.

“Perlunya pendampingan mental bagi penghuni Panti Sosial yang salah satunya adalah Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal dan Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Cepiring Kendal. Para penghuni perlu bimbingan keagamaan agar terus optimis dalam menjalani kehidupan ini. Kami dan teman-teman penyuluh yang lain selalu siap bila sewaktu-waktu diminta ikut berperan dalam kegiatan bimbingan kegamaan dimanapun,” ucap Yamahsari menyampaikan

Acara siang hari itu berlangsung khidmad dan ditutup dengan do’a bersama.(SCM-Sua/Bd).