Peringati Harkitnas Ke 144 , Momentum Indonesia Harus Bangkit

Purwokerto : “ Boedi Utomo telah meletakan tiga cita-cita bagi Kebangkitan Nasional yakni kemerdekaan cita-cita kemanusaiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. “ . Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam peringatan ke 144 Hari Kebangkitan nasional tingkat Kabupaten Banyumas di halaman Pendopo SI Panji , Jumat (20/05)

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 144 tingkat Kabupaten Banyumas dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banyumas , Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Forkompinda Kabupaten Banyumas , Kepala Dinas, Kepala Bagian ,dan Ormas

“ Kelahiran Boedi Utomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij , Perhimpuinan Indonensia dan Muhammadiyah. “

“ Kiranya semangat Boedi Utomo masih relevan untuk kita konteksualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Ditengah krisis pandemi Covid-19 dan konfilk Ukraina Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil , kita parlu memaknai Kebangkitan Naisonal sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.”

Ditengah momentum penanganan nasioanl Covid-19 yang makin membaik dan presidensi G-20 Indonesia, hendaknya   kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga multidimensi yang sedang melanda dunia.

“ Momentum yang baik ini makin diperkuat  dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022, dengan mengusung tema “RECOVER TOGETHER, RECOVER STRONGER”. Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat Kebangkitan nasional yang kita rayakan pada hari ini ditengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 , tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat,” ujarnya. (yud/rf)