Santri Boarding School MAN 1 Pati Ikuti Pelatihan Bahasa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati menggelar Pelatihan Bahasa selama dua hari bertemakan English and Arabic Fun pada pada Minggu, (15/5/2022), dan Treasure Games pada Senin, (16/5/2022), sebagai rangkaian acara sebagai ajang keseruan siswa dalam berbahasa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diikuti oleh santri Boarding School  MAN 1 Pati, guna meningkatkan kualitas berbahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Treasure Games adalah serangkaian beberapa permainan yang dilakukan secara berkelompok, dimana setiap permainannya disebar di beberapa tempat yang dibekali peta wilayah untuk menemukan titik pos permainan tersebut, yang nantinya setiap kelompok diharuskan menyelesaikan setiap game yang dilaluinya sehingga mendapatkan poin. Perbedaan Treasure games ini dengan hiking dalam kegiatan pramuka adalah pada jenis permainannya, dimana treasure games memiliki permainan dengan konsep multibahasa yang menarik dan menyenangkan. Macam permainan tersebut seperti, mix and match, komunikata, fill in the blank, translations, dan lain sebagainya.

Rangkaian acara ini dimulai pada hari Minggu malam, (15/5/2022) pukul 19.30 WIB sampai pada pukul 22.00 WIB dengan mengadakan pelatihan bahasa Arab dan Inggris yang diisi oleh para tutor dari guru bahasa yang dibantu oleh para pengasuh Boarding MAN 1 Pati. Terlihat jelas raut wajah antusias sekaligus gembira seluruh santri Boarding MAN 1 Pati dalam mengikuti kegiatan kebahasaan tersebut.

Materi diberikan oleh para tutor berisikan mutaroddifat alyaumiyayah dan daily vocabullaries yang dibungkus ke dalam kata-kata mutiara dalam mahfudzot dan idioms yang mengandung nilai- nilai dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih menarik dan mampu meningkatkan semangat belajar siswa.

Pelaksanaan hari kedua, Senin, (16/5/2022) dimulai pada pukul 07.00 dengan opening ceremony oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Pati Amiruddin Aziz dilanjutkan dengan Treasure Games yang seru. Kegiatan ini ditutup pada pukul 13.00 WIB dengan pemberian hadiah kepada kelompok – kelompok siswa yang berhasil memenangkan juara dalam rangkaian Treasure Games tersebut.

Susi Susanti selaku koordinator Tim Bahasa menyatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut guna meningkatkan kualitas berbahasa siswa dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bahasa Arab dan Inggris agar lebih menyenangkan dan di implementasikan secara utuh dalam lingkungan Boarding.

“Kami berharap dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan minat dan kualitas berbahasa siswa, terutama santri Boarding MAN 1 Pati, sehingga mereka akan terbiasa dalam berbicara menggunakan kedua bahasa tersebut dan menjadi bekal bagi mereka untuk menghadapi masa-masa yang akan datang,” ujar Susi.

“Kedepannya, para siswa diharapkan mampu tampil sebagai pribadi yang aktif berbahasa, tidak hanya diatas kertas, namun juga dapat berinteraksi secara langsung antara satu dengan yang lainnya menggunakan multibahasa, terutama bahasa Arab dan Inggris yang nantinya akan cukup membantu apabila para siswa ini ingin meneruskan studi mereka ke luar negeri,”, imbuh Nur Fahmi menambahkan.

Walaupun siswa lelah dalam mengikuti Treasure games, mereka tetap semangat dan berantusias hingga berakhirnya acara tersebut, sebagai penutup dari acara, diberikan hadiah kepada para pemenang sebagai apresiasi terhadap kesungguhan dalam melalui setiap permainan tersebut. Kegiatan ini dapat memberi banyak pengalaman dan keseruan bagi para siswa dalam berbahasa. (ar-at/Sua)