Selama Empat Hari Kemenag Blora Gelar Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Blora – Mengawali persiapan pemberangkatan jemaah haji tahun ini, Kementerian Agama Kabupaten Blora mulai menggelar Manasik Haji serentak di 16 Kecamatan melalui Kantor Urusan Agama (KUA). Kegiatan ini berlangsung mulai Senin (30/5) hingga Kamis (2/6).

M. Kafit mengungkapkan, Bimbingan Manasik Haji sangat penting untuk para Calhaj. Mereka akan mendapatkan pendalaman materi tentang hal-hal yang harus dilakukan, mulai dari sebelum keberangkatan, pelaksanaan haji, sampai kembali lagi ke tanah air.

“Selama empat hari ke depan para calon jemaah haji mengikuti Bimbingan Manasik Haji di setiap kecamatannya,” kata M. Kafit dalam sambutannya

Kecamatan yang ada calon jamaah haji dapat melaksanakan bimbingan manasik yang akan dikoordinir oleh KUA Kecamatan.

“Untuk calhaj di Kecamatan kok jumlahnya sedikit maka bisa bergabung dengan kecamatan terdekat untuk melaksanakan bimbingan manasik,” tuturnya

M. Kafit menuturkan bahwa kegiatan manasik haji dilakukan di empat kelompok atau titil yaitu kelompok 1 (Kecamatan Kunduran, Todanan) kelompok 2 ( Kecamatan Ngawen dan Japah), Kelompok 3 (Kecamatan Blora I dan II, Jepon, Bogorejo, Banjarejo, dan Tunjungan) dan kelompok 4 (Jiken, Sambong, Cepu, Kedungtuban, Randublatung, Menden dan Doplang)

Sebagai informasi, tahun ini jamaah calon haji dari Kabupaten Blora yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah sejumlah 288 orang. mereka akan terbagi menjadi dua kloter. Kloter 40 dan kloter 41 yang akan berangkat pada tanggal 30 Juni 2022. (nn/rf)