Soliditas Panitia Bimbingan Manasik Haji I Tingkat Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Selasa (24/5/2022) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji I Tingkat Kota Semarang di Masjid Islamic Centre. Kegiatan ini diikuti oleh 908 calon jamaah haji (calhaj) Kota Semarang 1443 H/2022 M.

Pada kegiatan tersebut, calhaj memeperoleh materi tentang kebijakan pemerintah dalam pemberangkatan jamaah haji 1443 H/2022 M yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang dan alur perjalanan ibadah haji oleh H. Makum praktisi penyelenggaraan haji dan umroh.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang, diawali terlebih dahulu dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Alquran, doa dan laporan penyelenggara.

Varida Indah Rahmati Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kankemenag Kota Semarang didapuk untuk membacakan surah Ali Imran ayat 95-96 di depan peserta kegiatan. Dengan suara yang lantang, merdu dan cengkok yang pas, Indah panggilang akrabnya membawakan tilawah kedua ayat tersebut dengan apik hingga menggetarkan hati pendengarnya.  “Ayat tersebut dipilih karena berisikan tentang panggilan Allah untuk menjalankan ibadah haji (panggilan menuju ke baitullah),” tuturnya.

Sedangkan KH. Muhammad Affandi Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Ar-Raudloh, memimpin doa dengan khusyuk. Dalam doa yang dipanjatkannya, ia memohon rahmat dan ridho Allah SWT agar jamaah haji Kota Semarang selalu diberikan kesehatan, kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji, serta menjadi haji yang mabrur.

Dalam kesempatan tersebut KH. Muhammad Affandi juga mengajak calhaj Kota Semarang untuk bersyukur kepada Allah SWT, karena setelah tertunda keberangkatannya selama 2, Allah masih memberikan kesehatan dan kesempatan untuk bisa menuju ke baitullah. “Alhamdulillah tahun ini insya Allah kita bisa melaksanakan ibadah haji. Rasa syukur harus kita panjatkan, setelah penantian sekian lama,” tuturnya. Kegiatan dipandu oleh Nova Budi Aristin selaku pembawa acara, dan didokumentasikan oleh Dintha Muhammad Kurnia pegawai Sub Bagian Tata Usaha, sedangkan Arya Maulana bertugas sebagai operator dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber. Kesuksesan kegiatan didukung pula oleh seksi perlengkapan yang dipandegani oleh Mukhlis dan para among tamu yang berasal dari seluruh satuan kerja pada Kankemenag Kota Semarang.(Dintha/NBA/bd)