Tutup Rangkaian Manasik dan Lepas Calon Jamah Haji Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Usai terselenggarakannya rangkaian manasik haji bagi jemaah calon haji (Calhaj) asal Wonosobo yang sudah dimulai pada tanggal 23 Mei lalu, aksi kebut manasik akhirnya ditutup yang ditandai dengan Manasik Haji tingkat Kabupaten tahap ke dua dan pelepasan Calhaj oleh Bupati Wonosobo.

Manasik Haji tahap dua dan pelepasan Calhaj dilaksanakan di gedung IPHI Wonosobo, Sabtu, (28/05), dihadiri oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid,  Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Dinas Kesehatan Wonosobo, TPHD, TKHI, TPHI dan TPIHI serta seluruh jemaah Calhaj.

Dalam sambutannya Ahmad Farid menyampaikan, manasik haji Kabupaten tahap ke dua merupakan penutup rangkaian acara manasik haji.

“Telah dilaksanakan manasih haji tahap 1 sebagai pembuka rangkaian acara, selanjutnya juga sudah dilaksankaan manasik haji tingkat Kecamatan selama empat hari dilima titik lokasi Kecamatan dan hari ini adalah penutupnya. Seluruh biaya yang ditimbulkan akibat kegiatan manasik, dibebankan kepada Pengelolaan Keuangan Operasional Ibadah Haji (PKOPIH),” terang Farid.

Farid berpesan agar seluruh Calhaj Wonosobo senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat agar tiba saatnya pemberangkatan ke tanah suci seluruh jamaah dalam kondisi yang baik.

“Pola hidup yang sehat akan menunjang kesehatan panjenengan semua, kesehatan akan mendukung keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh jamaaah agar selalu menjaga kesehatan,” pesan Farid.

Ia juga berharap agar seluruh jamaah menerapkan budaya tolong menolong kepada sesama saat melaksanakan ibadah haji. “Bagi jamaah yang berangkat tanpa keluarga, keluarga baru panjenengan adalah sesama jemaah haji lainnya, jadi tolong menolong sesama jamaah itu akan sangat membantu,” tandasnya.

Usai sambutan penyelenggara dari Kakankemenag, acara dilanjutkan dengan Ta’aruf TPHD, TKHI, TPHI, TPIH dan sambutan pengarahan sekaligus pelepasan calhaj oleh Bupati Wonosobo.

Dalam sambutannya Afif Nurhidayat berpesan kepada seluruh jamaah calhaj untuk menjaga kesehatan baik sebelum, saat pelaksanaan ibadah hingga kembali ke tanah air.

“Jaga kesehatan agar saat tiba di tanah suci jemaah bisa fokus beribadah yang selama ini dinantikan. Saya juga berpesan agar jemaah bisa menjaga ukhuwah Islamiyah diantara jamaah, tidak memprioritaskan individualitas dan lebih mengedepankan kepentingan bersama,” kata Afif.

Afif juga meminta kepada seluruh jamaah untuk mendoakan Kabupaten Wonosobo yang saat ini tengah ia pimpin agar jauh dari musibah dan segala malabahaya.(Ps-ws/Sua)