92 Jemah Calon Haji Salatiga Ikuti Pamitan Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2022 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kementerian Agama sebagai leading sector Penyelenggaraan Ibadah Haji,  senantiasa membangun kerjasama  lintas sektoral dengan berbagai pihak tak terkecuali menggandeng Pemerintah Kota Salatiga untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.  Termasuk kegiatan pamitan Jamaah Calon Haji Kota Salatiga Tahun 1443H/2022 yang  hari ini digelar di Ruang Pertemuan Kaloka, Gedung Sekda Lantai 4 Pemkot Salatiga pada Rabu (22/6).

Pj Walikota Salatiga Sinoeng Nugroho Rahmadi hari ini melepas sejumlah 92 jamaah haji yang akan berangkat pada 28 Juni mendatang. Dari jumlah jamaah tersebut 2 (dua) diantaranya adalah jamaah cadangan lunas naik yang berhak berangkat tahun ini juga. Meski tidak tergabung di Kloter yang sama, namun jamaah sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk persiapan pemberangkatannya. 

Dalam sambutannya, Sinoeng berpesan kepada seluruh jamaah untuk konsentrasi penuh pada ibadah sehingga bisa menghantarkan kepada kemabruran haji. Dan kepada Petugas Haji Daerah BPH Pramusinta yang didaulat tahun ini, beliau juga berpesan untuk dapat menjaga dan membawa Jamaah Haji Salatiga senantiasa solid. Selepas memberikan sambutan, Pj Walikota secara simbolis memberikan bendera identitas dan syal jamaah kloter 37 kepada Ketua Rombongan dan Ketua Regu. Diikuti pemakaian syal oleh jamaah lainnya. Kemudian, Sinoeng juga  berkesempatan berdialog dengan  sepasang suami isteri yakni Pak Ahmad dan Bu Supriyati, Jamaah Haji  asal Kelurahan Kecandran Sidomukti Salatiga. Profesi keduanya sebagai tani menghantarkan mereka naik haji. Dengan menabung sedikit demi sedikit, akhirnya mereka bisa berangkat tahun ini sebagai tamu Allah SWT.

Sambutan lainnya, disampaikan Muhammad Miftah, Kasi Penyelanggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Salatiga yang menyampaikan keadaan jamaah haji Kota Salatiga secara statistik dan juga laporan penyelenggaraan haji tahun ini .Hadir pula dalam kesempatan tersebut pejabat forkompinda, Ka Sub Bag TU, Kasi dan Penyelenggara serta Kepala KUA Kecamatan di lingkungan Kemenag Kota Salatiga dan Petugas Kloter 37 SOC  yang digawangi Hadi Zumroni.

Masing-masing petugas kloter yang terdiri dari TPHI, TPIHI dan TKHI.memperkenalkan diri untuk lebih dekat dengan jamaah yang tergabung di Kloter 37. Sebagai puncak acara pamitan,  hadir pula KH. Nur Rofiq yang memberikan tausiyah kepada para jemaah untuk menambah spirit dan motivasi sebagai bekal ketika nantinya tiba di Tanah Suci. Untaian Doa dari Ketua Kloter menutup rangkaian kegiatan pamitan Jamaah Haji yang berlangsung hari ini.Pamitan Calon Jemaah Haji Kota Salatiga Tahun 2022 dengan Pemerintah Kota Salatiga dan Forkopimda Kota Salatiga (Humas/CC)