081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Akhirussanah Peserta Didik Kelas VI Min 2 Sukoharjo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

SUKOHARJO – MIN 2 Sukoharjo menggelar akhirussanah peserta didik kelas VI bertempat di Gedung IPHI Kabupaten Sukoharjo Rabu (15/6/2022).

MIN 2 Sukoharjo sejak dulu terkenal sudah dikenal dengan Program Tahfidznya, bahkan untuk tahun ini tercatat ada beberapa peserta didik yang Tahfidznya melebihi target, bahkan siswa program khusus ada yang sudah hafal 13 juz.

Dalam laporan singkatnya, Kepala MIN 2 Sukoharjo, Wiretnoningsih Nurhayati mengungkapkan sebanyak 180 siswa yang berasal dari 7 rombongan belajar ( kelas A sampai G ) dengan perincian 5 kelas reguler dan 2 kelas program khusus diumumkan lulus dalam akhirussannah tersebut. Dengan kata lain bahwa seluruh siswa – siswi kelas VI MIN 2 Sukoharjo dinyatakan lulus 100%.

Disamping itu Wiretno pun merasa patut berbangga hati karena banyaknya prestasi yang berhasil ditorehkan anak didiknya diberbagai ajang kompetisi. “ Para siswa pun mampu menunjukkan kemampuannya untuk berprestasi. Terbukti ada beberapa siswa yang telah menjuarai berbagai perlombaan baik ditingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional yang begitu banyak jumlahnya ” ungkap Wiretno.

Dalam perjalanannya, MIN 2 Sukoharjo telah menjadi salah satu madrasah unggulan yang mengajarkan materi umum dan Program Tahfidz sehingga banyak diminati masyarakat. Disamping itu, setiap siswa diarahkan untuk mampu menghafal Al Qur’an dengan cara diberikan target hafalan juz 30 untuk Program Reguler dan 10 juz untuk Program Khusus.

Sedangkan prestasi dari sisi mata pelajaran umum, Wiretno menyampaikan ada beberapa siswa yang juga mampu meraih nilai sempurna pada ujian sekolah, “ada 34 siswa yang mendapatkan apresiasi karena mendapatkan nilai sempurna pada ujian sekolah. Dan juga ada beberapa siswa yang nilainya mendekati sempurna. Untuk capaian rata – rata nilai ujian siswa tertinggi yaitu 95,5 sedangkan yang nilai terendahnya adalah 77,8 dan untuk nilai rata – rata keseluruhan siswa adalah 87,7 “ ungkap Wiretno bangga. “Semoga ilmunya bisa diamalkan, bisa membawa nama baik bagi diri sendiri, keluarga maupun madrasah. Kemudian di sekolah selanjutnya bisa lebih ditingkatkan prestasinya, ” imbuhnya lagi.

“Kami juga berharap setelah akhirussanah ini, para lulusan MIN 2 Sukoharjo bisa lebih berprestasi lagi di jenjang pendidikan yang selanjutnya dan semoga menjadi lebih baik lagi, aamiin. “Pungkas Wiretno.

Selain dihadiri oleh wali murid, siswa yang lulus, segenap GTK MIN 2 Sukoharjo dan Komite Madrasah, turut hadir pula Kepala Kankemenag Kabupaten Sukoharjo Muh Mualim, Kasi Penma Susilowati serta Pengawas MI Kecamatan Sukoharjo.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kabupaten Sukoharjo Muh Mualim ikut bangga dan senang dengan adanya siswa yang mendapatkan nilai sempurna dan juga yang sudah berhasil menghafalkan Al Qur’an sebanyak 13 juz. “Alhamdulillah seluruh peserta didik kelas VI sudah dinyatakan lulus semua dan teriring doa semoga sukses dunia akhirat, aamiin.” kata Kakankemenag.

Muh Mualim juga mengatakan bahwa orang tua murid sudah pas menyekolahkan anaknya di madrasah, karena selain mendapatkan ilmu umum juga mendapatkan ilmu agama dan juga diajarkan tentang keimanan, tauhid, akhlak dan sejarah Islam serta ilmu agama lainnya.

Pendidikan terus berkembang dan maju, maka madrasah perlu juga berkembang salah satunya adalah bagaimana supaya anak itu bisa lebih senang belajar dari pada bermain game. “Saya ingat pesan Ali bin Abi Thalib, didiklah anakmu sesuai zamannya, madrasah harus berinovasi, dulu madrasah mempunyai slogan idolaku, menjadi madrasah yang hebat bermartabat dan slogan yang sekarang adalah madrasah mandiri berprestasi, yang mana madrasah diharapkan bisa berkembang secara maksimal”jelas Muh Mualim.

“Di madrasah ada pelajaran akhlak, birul walidain. Saya ingat pesan Rasulullah dalam hadist, yang tua menyayangi yang muda dan yang muda menghormati yang tua ” ungkap Kakankemenag diakhir sambutannya. (gun/djp/rf)