Aktif Berkompetisi MTs Ma’arif Mandiraja Bidik Siswa Berprestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam kegiatan OSN (Olimpiade Sains Nasional) jenjang Sekolah Menengah Pertama Tahun 2022 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), MTs Ma’arif Mandiraja mengirimkan  tiga siswanya  untuk mewakili 3 bidang mata pelajaran (Matematika, IPA , dan IPS) yang dikompetisikan sesuai bidangnya. Mapel Matematika diwakilkan oleh Keisya Kumairah Azahra kelas VIII A, mapel IPA oleh Asyifa Nur Azizah VIII E, dan mapel IPS oleh Rizka Cintiya Haryanto VIII A, Rabu,(29/6)

Nely Sofia Rakhmah selaku Panitia di MTs Ma’arif Mandiraja dalam kegiatan ini menyampaikan, kegiatan OSN secara online menggunakan Smartphone kali ini memasuki babak penyisihan pada mapel IPS dan Matematika dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2022. Untuk mapel matematika dilaksanakan di Madrasah masing-masing, dan mapel IPS dilaksanakan di rumah karena kendala waktu sore hari. Sedangkan mapel IPA dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2022 yang dilaksanakan di Madrasah.

“Saya selaku panitia lomba OSN di MTs Ma’arif Mandiraja berharapan siswa yang mengikuti kompetisi ONS ini dapat dijadikan sarana untuk evaluasi kemampuan, meningkatkan kapasitas diri siswa, menjadi ajang untuk  meningkatkan motivasi diri, melatih manajemen waktu dengan mengerjakan soal dengan tepat  waktu, dan dapat melatih kesiapan mental kerana diikuti oleh siswa tinggkat provinsi. Dan semoga siswa MTs Ma’arif Mandiraja mendapatkan hasil yang terbaik,” terangnya.

Senada dengan itu Sulastri selaku salah satu pembimbing OSN matematika mengatakan, mudah-mudahan dengan adanya babak penyisihan OSN bisa menambah semangat dan motivasi belajar untuk bisa berkompetisi dengan siswa-siswi di luar Madrasah. Kegiatan OSN menjadikan siswa memperoleh pengetahuan dan mengetahui bentuk-bentuk dan jenis soal OSN yang perlu harus selalu belajar agar bisa berpikir kritis.

“Selain itu kami juga mempersiapkan siswa dengan adanya kegiatan pembinaan OSN terangkum dalam 4 tahap yaitu, analisis materi yang menjadi kesulitan siswa mitra, latihan soal-soal olimpiade, penjelasan materi yang belum dipahami, refleksi dan evaluasi proses pembinaan serta pencapaian siswa yang sudah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya. Sehingga siswa lebih siap dalam berkompetisi,” tambahnya.

Sementara itu Keisya Kumairah Azahra peserta dari kelas VIII A berharap, semoga kami mendapatkan nilai yang terbaik walaupun soal-soal lomba lumayan susah akan tetapi jauh di lubuk hati saya berdoa semoga bisa memenangkan perlombaan dan mendapatkan medali emas nantinya.

“Kesan saya ketika mengikuti lomba OSN adalah menambah pengalaman dan pengetahuan untuk saya. Soal-soal Olimpiade ini juga cukup menantang dan beda dengan yang lain,” pungkasnya. (jm/ak/rf)