Brainstorming Mencari Kekasihku, Kemenag Jepara Studi Tiru Ke Kemenag Grobogan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan hari Jum’at 24 Juni 2022 menerima kunjungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan. Kunjungan tersebut dalam rangka study tiru Inovasi Mencari Kekasihku. Acara yang mengangkat tajuk  Brainstorming Mencari Kekasihku, Studi Tiru dari Kementrian Agama Kabupaten Jepara dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Grobogan, 19 KUA se-Kabupaten Grobogan dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara serta Dispendukcapil Kabupaten Grobogan sebagai nara sumber.

Kepala Kemenag Kab. Grobogan, Imron Rosyidi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang para rombongan dari Kemenag Kab. Jepara dalam acara study tiru terhadap pelayanan di KUA maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab.Grobogan. Yang kaitannya terhadap  inovasi pelayanan administrasi menikah langsung dapat buku nikah, kartu keluarga dan KTP. Dan sehubungan dengan study tiru ini Kemenag Grobogan mengundang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Grobogan untuk memberikan petunjuk dan arahan kepada tamu dari Kab. Jepara.

“Alhamdulillah Kantor Kemenag Kab. Grobogan dijadikan study tiru oleh Kemenag Jepara tentang  menikah atau cerai, KK & KTP seketika itu kumiliki (Mencari kekasihku) yang kaitannya terhadap  inovasi pelayanan administrasi menikah langsung dapat buku nikah, kartu keluarga dan KTP. Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab.Grobogan dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih mudah, ramah dan cepat dalam pernikahan “Mencari Kekasihku” Inovasi ini memungkinkan pasangan pengantin baru yang menikah di KUA langsung mendapat Kartu Keluarga (KK) baru, KTP Elektronik dengan status kawin, sekaligus buku nikah di satu tempat,” ungkap Imron Rosyidi

Lebih lanjut Imron menambahkan, bahwa Kabupaten Grobogan merupakan wilayahnya sangat luas dan penduduknya sangat banyak sekali. Terkait penduduknya sangat banyak, ada pengaruh terhadap pernikahan maupun perceraian, dan perceraian sendiri di Kabupaten Grobogan sangat banyak dibandingkan dengan Kabupaten lain. Sehingga untuk memudahkan pencarian data untuk masyarakat Disdukcapil bekerja sama dengan Kemenag dan Pengadilan Agama Kab.Grobogan terkait pernikahan dan perceraian meluncurkan program inovasi berupa “MENCARI KEKASIHKU” (menikah atau cerai, KK & KTP seketika itu kumiliki).

Sementara Kasubag TU Kemenag Kab. Jepara mengatakan, bahwa kedatangan kami dari Jepara untuk mencari ilmu di Kabupaten Grobogan terkaitan pelayanan Mencari Kekasihku, dan kami sangat menunggu dan arahan terkait data yang menikah atau cerai, KK & KTP seketika itu kumiliki. Kemenag Kab. Jepara menyambut baik terkait pelayanan yang cepat dan mudah untuk kepentingan masyarakat. Pelayanan berupa program  inovasi berupa “MENCARI KEKASIHKU“(menikah atau cerai, KK & KTP seketika itu kumiliki) sangat baik untuk bisa diterapkan di Kabupaten Jepara.

“Maksud dari kedatangan kami adalah untuk mengetahui program mencari kekasihku dalam membantu dan melayani masyarakat agar lebih cepat. Dan tujuan Kemenag Jepara agar program mencari kekasihku yang nikah bisa langsung mendapatkan KK&KTP seketika itu kumiliki bisa diterapkan di Kemenag Kab. Jepara,” bebernya.

Kepala Dispendukcapil Kab. Grobogan Achmad Basuki Mulyono juga menyampaikan bahwa inovasi mencari kekasihku bertujuan untuk membahagiakan masyarakat, Inovasi ini tidak dapat berjalan tanpa peran serta dari Kantor Kementerian Agama dan KUA se-Kabupaten Grobogan sehingga akan terus dilaksanakan dan di kembangkan sehingga tercipta masyarakat yang tertib administrasi kependudukan.

“Secara detail tentang alur pelayanan dalam inovasi Mencari Kekasihku. Keunggulan sekaligus keunikan dari dari inovasi ini adalah calon pengantin tanpa mengurus dokumen kependudukan akan mendapatkan KK dan KTP dengan status baru yaitu kawin yang akan diterima bersamaan dengan buku nikah,” jelasnya.(bd/Sua)