081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Cegah Angka Stunting, IIDI Bersama Kankemenag Kota Semarang akan Gelar Sosialisasi Aplikasi ELSIMIL

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Senin (27/6/20225) Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Kota Semarang melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang terkait surat permohonan sosialisasi aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) bagi 16 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Semarang, yang telah dikirimkannya beberapa waktu lalu.

Nadiya Tun Paksi selaku Sekretaris IIDI Cabang Kota Semarang dalam koordinasi yang berlangsung di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kankemenag Kota Semarang, menyampaikan bahwa aplikasi ELSIMIL merupakan salah produk dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting yang saat ini sedang menjadi trending topik di pemerintahan dan masyarakat.

“Sungguh memprihatinkan, bahwa kasus stunting masih ada di Kota Semarang, meskipun rendah tetapi ini harus menjadi perhatian bersama. BKKBN telah menggulirkan aplikasi ELSIMIL, dan menjadi tanggung jawab kami untuk ikut mensosialisasikannya kepada masyarakat. Oleh karenanya dalam rangka bulan bakti IIDI Cabang Kota Semarang, kami mencoba membantu BKKBN untuk mensosialisasikan hal tersebut,” tuturnya.

“Menurut kami, calon pengantin (catin) merupakan target yang strategis untuk mencegah terjadinya stunting. Mereka adalah calon orang tua yang perlu dibekali dengan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan oleh mereka dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera, sehingga menghasilkan keturunan atau anak-anak yang sehat pula sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas, salah satunya terpenuhinya gizi anak,” ujarnya.

“Harapan kami, pada saat catin melakukan pendaftaran di KUA, dari pihak KUA dapat menginformasikan kepada catin untuk bisa mengisi aplikasi tersebut, karena di aplikasi ELSIMIL catin akan diarahkan untuk menjadi orang tua yang siap menghasilkan anak-anak yang sehat jasmani, selain rohaninya,” imbuhnya.

“Dengan sosialisasi ini, nanti kami akan hadirkan narasumber dari BKKBN guna menerangkan apa sih manfaat dan tujuan dari dibuatnya aplikasi ELSIMIL,” pungkasnya.

Nova Budi Aristin selaku pegawai pada Sub Bagian Tata Usaha (Subbag TU) menyambut baik kedatangan Nadya Tun Paksi beserta rombongan, ia menuturkan jika permohonan yang diajukan oleh IIDI Cabang Kota Semarang merupakan gayung bersambut dari Kepala Kankemenag Kota Semarang. “Bapak Kepala mendukung program dari IIDI Cabang Kota Semarang, dan telah memberikan ijin untuk melakukan sosialisasi sebagaimana agenda yang telah ditetapkan, 12 Juli 2022 mendatang,” katanya.

“Sebagaimana disposisi Pimpinan, kami akan segera mengkoordinasikan dengan Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam yang dalam hal ini membawahi KUA Kecamatan se-Kota Semarang, untuk menghadirkan peserta dalam kegiatan dimaksud,” terangnya.

Nadiya Tun Paksi yang juga didampingi oleh pengurus lainnya menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat dari Kankemenag Kota Semarang. Ia berharap, kedepannya akan terus terjalin kerja sama yang baik.(NBA/rf)