081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Esktrakurikuler Fotografi MTsN 2 Magelang Banjir Peminat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Untuk memfasilitasi tingginya minat dan keinginan siswa terhadap bidang fotografi, MTsN 2 Magelang membuka kegiatan ekstrakurikuler Fotografi. Bahkan, madrasah juga menyediakan Studio yang berfungsi sebagai laboratorium praktik, tempat para siswa berlatih seni fotografi.

Sebagaimana disampaikan Waka Bidang Kesiswaan, Abdul AlKafi, di ruang kerjanya Sabtu, (11/06/2022), bidang seni fotografi merupakan bidang seni yang cukup digemari banyak orang, termasuk para siswanya. Terlebih dengan kemajuan teknologi saat ini, siapa saja bisa belajar fotografi.

“Istilah fotografi mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Fotografi merupakan salah satu bidang seni yang cukup digemari banyak orang. Seni fotografi sendiri banyak peminatnya karena untuk memulai mempelajarinya tidak memerlukan peralatan yang mahal. Siapa saja bisa mulai belajar seni fotografi hanya dengan menggunakan kamera digital biasa atau bahkan dengan menggunakan handphone saja,” kata Kafi.

“Banyak potensi para siswa dalam bidang seni fotografi sehingga mendorong madrasah membuka ektrakurikuler fotografi,” lanjutnya.

Pembina ekstrakurikuler Fotografi, Moh. Rosyid Ridho, menyampaikan dalam fotografi ada tips-tips yang harus dikuasai oleh para siswa agar menghasilkan produk fotografi yang bagus.

“Meski bidang seni fotografi ini tidak membutuhkan peralatan yang mahal, namun yang pasti setiap siswa harus paham bahwa dalam bidang seni fotografi ada prinsip dasar yang harus dikuasai agar menghasilkan gambar yang bagus dan berkualitas. Nah inilah yang saat ini saya sampaikan kepada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler fotografi, ” jelas Moh. Rosyid Ridho.

Dalam eskra fotografi, para ssiwa belajar mengambil gambar jenis Portrait Photography yang menekankan objek foto fokus pada manusia, dan Landscape Photography yaitu fotografi yang berkaitan dengan pengambilan gambar pemandangan alam.

Melalui kegiatan ektrakurikuler fotografi tersebut, diharapkan mampu menghasilkan siswa yang mumpuni dan profesional dalam bidang seni fotografi dan nantinya bermanfaat untuk jenjang masa depannya.

“Saya memang menyukai seni fotografi. Tapi masih sebatas menggunakan handphone. Tapi lumayan setelah ada kegiatan ekstrakurikuler, saya mendapatkan pengalaman baru salah satunya mengerti teknik dasar pengambilan foto misalnya. Dan itu saya praktikkan. Alhamdulilah hasilnya tambah bagus,” kata Khikmatul Miladiyah, siswa kelas 8 Tahfid yang juga Pemenang Lomba Seni Fotografi yang diselenggarkan MTsN 2 Magelang.[KF/Sua]

Kegiatan praktik fotografi di alam bebas.