Hibah Seribu Buku untuk Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 2 Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Sepanjang tahun 2022, Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 2 Magelang menerima bantuan hibah buku sebanyak 1.000 buku.  Buku yang dihibahkan tersebut merupakan buku-buku non mata pelajaran seperti novel, cerpen, maupun puisi baik fiksi maupun nonfiksi.

Kepala Perpustakaan, Sigit Indardi Purnomo, Sabtu, 11/06/2022, di Ruang Perpustakaan menyampaikan bahwa bantuan hibah buku tersebut merupakan salah satu upaya mewujudkan visi dan misi madrasah melalui perpustakaan melalui penambahan koleksi buku-buku non mata pelajaran.

“Kami sedang berusaha untuk dapat merealisasikan visi misi madrasah melalui perpustakaan sebagai jantung pendidikan. Salah satu yang sedang kami usahakan adalah dengan menambah buku -buku bacaan non mapel,” kata Sigit Indardi Purnomo.

“Alhamdulilah tahun ini perpustakaan Baitul Hikmah mendapat bantuan hibah buku non mapel sejumlah 1000 judul dan semuanya adalah buku non mapel. Ada buku sastra seperti novel, cerpen, maupun puisi baik fiksi maupun non fiksi,” lanjut Sigit.

Sigit menyampaikan bahwa perpustakaan madrasah merupakan bagian integral dari kegiatan madrasah dan merupakan salah satu pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Perpustakaan madrasah harus dapat memainkan perannya, khususnya dalam membantu siswa mencapai tujuan pendidikan di madrasah. Selain menambah koleksi buku, pihaknya juga telah mempersiapkan tenaga pustakawan dan layanan perpustakan yang menarik.

“Untuk tujuan tersebut, Perpustakaan Baitul Hikmah telah mempersiapkan tenaga pustakawan yang memadai, menambah koleksi buku bahan bacaan yang berkualitas serta aktifitas layanan yang mendukung suasana pembelajaran yang menarik,” kata Sigit.

Dengan perbaikan kualitas layanan perpustakaan dan koleksi buku yang bervariasi, Sigit berharap minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan semakin tinggi sehingga dapat meningkatkan minat baca dan budaya literasi.

Hibah seribu buku tersebut berasal dari komunitas Omah Buku, alumni madrasah, instansi pemerintah, maupun dari guru dan karyawan madrasah.

“Hibah buku kami terima dari berbagai unsur. Ada dari alumni, komunitas baca omah buku dan juga dari guru karyawan madrasah, bahkan banyak dari siswa yang sudah lulus atau alumni yang begitu perhatian terhadap perpustakaan di tempat dulu mereka belajar dengan urunan patungan sesama temannya kemudian dibelikan buku untuk dihibahkan ke kami,” papar Sigit.

Selain buku bacaan, Perpustakaan Baitul Hikmah juga menerima hibah seperangkat komputer dan juga almari (rak buku) dari program CSR Bank BSI.

Kepala Madrasah, Dra. Solihah, M.S.I., berharap Perpustakaan Baitul Hikmah perbaikan layanan perpustakaan mampu mendorong para siswa menciptakan prestasi bagi madrasahnya.

“Kami berharap pelayanan terus meningkat sehingga akan mampu dirasakan manfaatnya bagi warga madrasah serta mampu menciptakan prestasi bagi para siswa kami,” kata Solihah.(KF-m45k/Sua)

Penyerahan Bantuan untuk Perpustakaan MTsN 2 Magelang dari Bank BSI.