Kepala Kemenag Hadiri Haflah Akhirussanah MTs Negeri 3 Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – MTs Negeri 3 Demak menyelenggarakan kegiatan Haflah Akhirussanah dan Pelepasan siswa kelas IX, Kamis (09/06).

Terhitung semenjak terjadinya wabah covid-19 di tahun 2020 hingga 2021, Madrasah tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Demak tidak mengadakan kegiatan wisuda. Namun semenjak kondisi covid-19 mulai terkendali dan pemerintah melonggarkan aturan pemakaian masker, maka di tahun ini MTs Negeri 3 kembali menyelenggarakan kegiatan itu.

Kamis pagi kemarin sebanyak 243 siswa-siswi MTs Negeri 3 hadir dalam acara Haflah Akhirussanah di gedung Wisma Halim, Wonosalam, Demak. Selain dihadir hampir seluruh guru dan tenaga kependidikan, panitia juga mengundang Kepala Kantor Kemenag Demak, Ahmad Muhtadi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Pengawas Madrasah, Forkopimcam, Komite Madrasah serta orang tua/wali siswa IX yang hari itu akan diwisuda. Tak ayal gedung yang biasa digunakan untuk even-even besar dan bergengsi itu pun tampak penuh.

Nampak duduk di deretan terdepan Kepala Kantor didampingi Kepala Madrasah dan Kasi Penmad bersama Pengawas Madrasah serta Forkopimcam. Mereka kelihatan menikmati jalannya kegiatan. Ini tak lepas dari  pintarnya panitia meramu acara yang menampilkan hiburan dari siswa kelas VII dan VIII di sela acara intinya.

Sementara itu, usai penyerahan medali wisuda kepada seluruh siswa, Kepala Madrasah, Rodliyah, berkesempatan menyampaikan sambutan. Pertama ia menyampaikan selamat kepada seluruh siswa yang hari itu diwisuda. Tak lupa ia juga berpesan,“Wisuda hari ini bukanlah akhir dari proses belajar kalian. Masih banyak hal yang harus dipelajari dan masih banyak tahap yang harus dilalui untuk menggapai cita-cita kalian.”

“Dan kepada Bapak Ibu, putra dan putri panjenengan ketika di madrasah kami biasakan shalat duha pagi-pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Kami biasakan tadarus Al Qur’an, jamaah salat dzuhur, dan berakhlak yang baik. Kami berharap, hal ini juga bisa dibiasakan di rumah panjenengan,” pintanya.

Sependapat dengan pesan yang disampaikan oleh Rodliyah sebelumnya, Ahmad Muhtadi juga memberikan sambutan sekaligus pesan kepada wisudawan, “Untuk anak-anakku semua, tolong jaga nama baik madrasah. Tunjukkan bahwa kalian adalah lulusan madrasah yang selalu menjunjung tinggi akhlakul karimah di manapun berada, lebih-lebih di tengah masyarakat,” pesannya. Kepala Kantor juga mendorong agar mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menggapai cita-cita.(msr/rf)