LCTP Siaga Kwartir Ranting Tambak, Tanamkan Andik Untuk Berkreasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tambak menyelenggarakan kegiatan Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) Siaga pada Kamis, 9 Juni 2022 bertempat di MTsN 2 Banyumas. Kegiatan LCTP Siaga ini merupakan wahana untuk mendidik dan membina para pelajar Pramuka Siaga agar menjadi pribadi yang berkarakter dan memiliki budi pekerti luhur, sekaligus juga melatih ketahanan mental, jasmani, dan rohani dengan tetap berpedoman kepada Prinsip Dasar Kepramukaan serta Metode Kepramukaan.

Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) bagi Siaga SD/MI Tingkat Kwartir Ranting Tambak Tahun 2022 merupakan salah satu bentuk kegiatan sebagia sarana evaluasi pembinaan dan keterampilan kepramukaan yang telah didapatkan di gugus depan. 

Wahyu Satoto selaku Waka Binamuda Kwarran Tambak menyampaikan seluruh peserta yang berjumlah 160 Pramuka Siaga putra dan putri merupakan perwakilan dari 40 Pangkalan yang berada di Kwarran Tambak.

“ Harapan kami para peserta dapat berkompetisi dengan penuh semangat, untuk mengasah kemampuan, keterampilan dan kerja sama dalam kepramukaan secara sportif, serta mengerjakan semua tugas yang diberikan dengan baik, karena tugas-tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi semua peserta di masa depan kelak,” Jelasnya.

“Hal penting yang perlu diingat bahwa bukanlah menang atau kalah, tetapi pengalaman, pelajaran, serta nilai-nilai kebersamaan yang harus diutamakan. Tanamkan pada diri kalian, jika kegiatan ini tidak hanya sebagai perlombaan, tetapi juga sebagai permainan yang menyenangkan,” tegas Wahyu.

“Melalui LCTP ini kita dukung kemampuan terbaik para Andik, dengan cara membimbing dan memberikan mereka kepercayaan penuh untuk berkreasi. Saya yakin, anak-anak yang hadir di sini, adalah anak-anak terbaik dan terpilih, yang telah melalui proses tidak mudah dengan latihan terus-menerus,” lanjut Yanda Wahyu.

Hadir juga dalam kesempatan pembukaan LCTP Bunda Katem selaku Kakwarran Tambak, Andalan Kwaran Tambak, Pembina Gugus Depan, Pelatih, Pembina, dan Andik-andik Gerakan Pramuka.

Bunda Katem mengatakan bahwa masing-masing pangkalan mengirimkan/mendelegasikan maksimal 2 orang Pramuka Siaga Putra dan 2 orang Pramuka Siaga Putri guna mengikuti kegiatan LCTP Siaga Tahun 2022 ini.

 “Kegiatan LCTP Siaga ini diambil tiga yang terbaik. Selanjutnya tiga peserta yang menjadi juara dalam kegiatan LCTP ini akan mewakili LCTP di tingkat Kabupaten”, papar Bunda Katem.

Bunda Atik Restusari, selaku Kamabigus MTsN 2 Banyumas mengucapkan terima kasih atas terselenggarakannya kegiatan LCTP di MTsN 2 Banyumas. Bunda Atik berharap melalui kegiatan LCTP Siaga yang diselenggarakan di MTsN 2 Banyumas ini dapat menjalin kerja sama yang lebih baik antara Madrasah dengan Kwartir Ranting Tambak. Selain itu para Andik peserta lomba juga dapat mengenal lingkungan madrasah sebagai tuan rumah kegiatan LCTP Siaga ini. “Semoga penyelenggaraan kegiatan LCTP Siaga tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses untuk dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas serta kehadiran madrasah ini dapat menjadi daya tarik bagi para Andik tingkat SD/MI untuk melanjutkan pendidikan ke MTsN 2 Banyumas”, harap Bunda Atik. 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Aziz Muslim melalui Kasi Pendma Edi Sungkowo menyatakan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Banyumas sangat mendukung dan mensuport kegiatan kepramukaan yang diadakan di lingkungan madrasah.

“ Gerakan Pramuka adalah satu organisasi kepemudaan yang pola pendidikannya terstruktur dari tingkatan SD/MI sampai dewasa dan materi serta pelatihannyapun disesuaikan dengan tingkatan usia dimana hasil akhirnya adalah ketrampilan dan kepercayaan diri. ini yang membedakan Gerakan Pramuka dengan organisasi lain,” terang Edi.(yud/rf)