Madrasah Ma’arif NU Banyumas Ikuti Bimbingan Telaah Instrumen Akreditasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Menjelang masa reakreditasi madrasah dan sekolah sasaran tahun 2022, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar bimbingan dan latihan telaah instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP). Bimbingan ini bagian dari upaya untuk memberikan pembekalan dan persiapan menghadapi reakreditasi madrasah dan sekolah dibawah naungan LP Ma’arif NU yang digelar secara tatap muka di Aula Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka, Purwokerto Barat, Kamis, (23/6/2022).

Kegiatan diikuti oleh 21 peserta  yang terdiri dari MI 12 MTs 9 , hadir dalam acara tersebut Kasi Pendma Edi sungkowo, M.Pd  mewakili kepala kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Wakil Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Siti Asiyah, S.Pd.I., M.Pd , Hidayatorohma, M.Pd.I , Siti Nurkhasanah, M.Pd.I selaku nara sumber , dan sebagai pendamping  Dra. Siti Nur airchami, M.Pd dengan Siti Asiyah, M.Pd

Wakil Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Siti Asiyah, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan madrasah dan sekolah sasaran reakreditasi tahun 2022 berjumlah 57 lembaga dengan rincian 38 Madrasah Ibtidaiyah, 12 Madrasah Tsanawiyah, 4 Sekolah Menengah Pertama, 1 Madrasah Aliyah, dan 2 Sekolah Menengah Kejuruan.  Semua lembaga akan mendapatkan informasi dan bimbingan teknis terkait perubahan dan pembenahan IASP pada madrasah dan sekolah.

“Bimbingan dan telaah IASP dilaksanakan untuk membekali kepala, wakil kepala dan guru madrasah dan sekolah dalam memahami struktur instrument akreditasi. Sehingga satuan pendidikan akan lebih siap dan lengkap dalam memenuhi setiap standar yang dipersyaratkan,” terangnya.

Menurutnya, seluruh komponen dalam akreditasi minimal dapat memenuhi standar kelayakan dalam pelayanan pendidikan. Melalui latihan telaah IASP secara kolektif, lanjut Asiyah akan memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam memahami setiap komponen akreditasi.

“Melalui telaah IASP ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam menyiapkan instrumen yang dipersyaratkan. Sehingga satuan pendidikan Ma’arif NU akan lebih paham dan mampu memenuhi semua standar dalam akreditas,” pungkas Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, S.Ag , M.Pd.I dalam sambutannya melalui Kasi Pendma menyampaikan bahwa Bimbingan dan Pelatihan IASP diadakan untuk mempersiapkan sebaik mungkin dalam Visitasi yang dilakukan oleh Asesor.

“ Visitasi ini dilakukan bukan untuk mencari kesalahan dari madrasah , akan tetapi untuk menyamakan persepsi dan menyetandarkan semua instrumen yang dibutuhkan pada saat akreditasi nanti.” Jelas Edi. (mus/yud/rf)