081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MIN 1 Temanggung Gelar Wisuda Tahfidz Al Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – MIN 1 Temanggung gelar kegiatan Wisuda Tahfidz Al-Qur’an Angkatan 1 dan Haflah Akhirussanah Kelas 6 Tahun Pelajaran 2021/2022, bertempat di Graha Bhumi Phala, lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Rabu (15/6). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Temanggung HM Al Khadziq, Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Mundzir, Kasi Pendidikan Madrasah, Kasi Pendidikan Agama Islam, Kasi PD. Pontren, Pengawas Madrasah, Ketua Komite MIN 1 Temanggung, Lurah Jurang dan wali murid turut hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

Bupati Temanggung dalam sambutannya  berpesan bahwa  kegiatan wisuda juga merupakan kegiatan yang dapat memberikan kenangan dan juga sebagai motovasi bagi anak-anak didik untuk lebih semangat lagi dalam menimba ilmu dikemudian hari, tidak hanya itu saja namun juga menjadi momentum baik bagi orang tua untuk terus berjuang mengasuh putra-putrinya ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Dengan wisuda pada hari ini, memberikan motivasi yang besar kepada siswa-siswi kita untuk terus menempuh jenjang pendidikan dan terus menimba ilmu yang lebih baik lagi, yang lebih besar lagi di jenjang-jenjang berikutnya,” katanya.

Pendidikan bagi anak, kita sadari bersama menjadi tanggung jawab guru dan orang tua, oleh karena itu sinergitas keduanya tentu menjadi sangat penting mengiringi tumbuh kembangnya anak didik.

Disekolah gurulah yang berperan penting mentransfer ilmu dan membimbing, dirumah tentu orang tua juga wajib menjadi pendidik, pembimbing dan pengasuh, serta pemberi teladan. Melalui wisuda haflah Akhirussanah kelas 6 MI Negeri 1 Temanggung ini, saya harap dapat berimbas positif pada pembentukan karakter, watak dan kepribadian generasi muda kita, menuju generasi yang lebih religius, berbudaya, berkarakter dan berkualitas. Dengan demikian, benturan-benturan yang kita khawatirkan akan terjadi dapat terminimalisir, karena generasi bangsa memiliki basis keilmuan dan karakter keislamian yang kuat.

Sejalan dengan itu, saya berdoa agar seluruh wisudawan-wisudawati Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Temanggung ini, dapat senantiasa memelihara kemurnian hati, kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akhidah, nilai dan ajaran Islam rahmatan lil’alamiin serta tradisi leluhur bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, pendidikan agama menjadi sangat penting di Kabupaten Temangggung,” tegasnya.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo, dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada Wisudawan Tahfidz, atas keberhasilan anak-anak di MIN 1 Temanggung, mudah-mudahan dalam  perjalanan  ke  depan,  anak-anak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan diatasnya sehingga dapat  meraih sukses dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

“Wisuda Tahfidz ini diharapkan bisa mencetak generasi qur’ani (memberikan bekal kepada siswa agar memiliki bekal kemampuan hafalan Al Qur’an dan berilmu sains teknologi sehingga terbentuk siswa yang Scientific Qur’ani atau siswa yang berilmu sains teknologi dengan tidak meninggalkan pedoman Al Qur’an) serta memberikan bekal kecakapan intelegensi pada siswa sehingga mampu bersaing di tingkat regional maupun nasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kemenetrian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan hendaknya para murid harus selalu belajar baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum dan belajar ilmu budi pekerti. Karena tidak ada ilmu pendidikan paling utama selain pendidikan budi pekerti.

“Seperti yang tersirat dalam Mars Madrasah ibtidaiyah bahwa madrasah merupakan tempat untuk mencetak tunas bangsa, yang menjunjung tinggi ilmu agama yang akhirnya untuk bisa menuntut ilmu tiada jemu,“ jelasnya.

Beliau juga mengutip ayat Al Quran surat Annisa Ayat 9 yang isinya bahwa kita harus takut meninggalkan dzuriyah/keturunan yang lemah, utamanya lemah dalam imannya. Oleh karena itu anak-anak yang telah dibekali ilmu di madrasah untuk diteruskan oleh wali murid, sehingga anak-anak menjadi anak yang solih-solikhah berguna bagi agama bangsa dan negara.

Kepala MI Negeri 1 Temanggung, Muh Junaidi, melaporkan bahwa kegiatan ini ada dua, yaitu acara wisuda tahfidz Quran angkatan 1 yang diikuti oleh 36 wisudawan, yang terdiri dari 17 wisudawan kelas 6 dan 19 wisudawan kelas II sampai kelas V serta acara Haflah Akhirussanah Kelas VI yang di ikuti oleh 98 Siswa yang terdiri siswa laki-laki sejumlah 55 dan siswa perempuan 44. Dalam acara ini disebutkan wisudawan Tahfudz terbaik yaitu, Chillia Ainul Jamilah, putra dari Izzudin yang sudah berhasil menghafal 5 Juz, Risa Hadya husna, yang berhasil menghafal 4 Juz. Sedangkan tahfudz prestasi kelas kecil putra di raih oleh Tasqi Wamaulal Midad, putra dari Khumaidi dengan nilai 96, untuk kelas kecil putri  diraih oleh Ita Mevia Alifatul Farikhah Kelas 4C.(sr/rf)