Pelatihan Wirausaha Pembuatan Cemilan Untuk Wali Murid MTs Ma’arif Mandiraja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Alhamdullilah pada masa liburan semester genap ini MTs Ma’arif Mandiraja memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melaksanakan kegiatan pelatihan wirausaha untuk wali murid kelas VII dan VIII. Kegiatan ini merupakan program sosialisasi MTs Ma’arif Mandiraja yang sudah berjalan tiga tahun dengan pelatihan wirausaha yang bermacam-macam.

Pelatihan wirausaha tahun ini dilaksanakan pada awal liburan sekolah, diikuti oleh 30 peserta wali siswa dan 4 guru. Adapun pelatihan kali ini adalah pembuatan cemilan kue lapis pisang dan kue labu kenyal dari bahan tradisional pisang dan labu kuning, Selasa,(28/6)

Kepala Madrasah, Barokatuminnalloh dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan realisasi program Madrasah yang sudah terekam dalam rencana anggaran kegiatan Madrasah tahun 2021-2022.

“Tujuan kegiatan ini bermaksud sebagai ajang silaturahmi antar warga Madrasah, mencari peluang usaha untuk ibu-ibu wali siswa yang berminat wirausaha, menambahkan wawasan keilmuan dan kemandirian serta kreativitas pengelolaan bahan makan yang bervariasi dan mudah didapat,” jelasnya.

Siswati selaku guru MTs Ma’arif Mandiraja dan pelatih kegiatn ini menyampaikan, pembuatan kue ini mengambil bahan yang murah dan melimpah serta mengandung nilai gizi yang tinggi.

“Bahan yang diambil untuk pembuatan kue lapis pisang diantaranya 5 buah pisang kapok, 300 gr tepung terigu, 250 gr gula pasir, ¼ sendok the garam, 800 ml santan, 700 gr mentega (cairka), vanili dan pasta coklat dan pasta pisang. Sedangkan bahan kue labu kenyal adalah 200 gr labu kuning, keju (secukupnya), 250 gr gula pasir, garam (secukupnya), 200 gr tepung tapioca, 200 gr tepung beras, dan santan (secukupnya),” tuturnya.

Sementara itu Sulyati selaku wali siswa dan peserta mengatakan, sangat senang dengan kegiatan ini karna sangat menarik bisa menambahkan ilmu baru untuk kita semua, bisa praktik langsung dan mencicipi hasilnya. (jm/ak)