Pembinaan Guru PAI,Imam Buchori Minta Perkuat Komitmen Kebangsaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, maka guru Pendidikan Agama Islam (PAI) juga harus memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi pula. Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Imam Buchori saat memberikan sambutan pada Pembinaan Pemantauan Dan Evaluasi Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Non PNS Pada Sekolah Kabupaten Kebumen di Aula Kankemenag Kab. Kebumen, Rabu (29/06).

Komitmen kebangsaan yang dimaksud adalah janji yang dipatrikan pada diri sendiri, atau kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam setiap tindakan dengan tetap berlandaskan pada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Maka untuk bisa menanamkan dan memberikan contoh yang baik kepada generasi mendatang terkait komitmen kebangsaan, maka guru PAI juga harus memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi pula,” ujar Imam Buchori.

“Guru PAI juga harus paham dan memahami apa arti moderasi beragama, ujarnya lebih lanjut.

Dijelaskan bahwa moderasi beragama adalah adalah sikap dan pandangan yang tidak berlebihan, tidak ekstrem, dan tidak pula radikal. Dalam agama manapun, termasuk Islam, sikap moderasi diperlukan untuk menjalin kerukunan antar umat.

Pembinaan diikuti oleh enam puluh delapan (68) Guru dan Pengawas dilingkungan Kantor Kementerian Kabupaten Kebumen. Turut hadir diantaranya Pelaksana Harian Kepala Kankemenag Kab. Kebumen H. Khamid, Kasi PAIS H. Mulyono dan perwakilan Dinas Pendidikan Kebumen Edi Hendarno.

Pada kesempatan tersebut Imam Buchrori juga menjelaskan bahwa Kementerian Agama tidak henti – hentinya melakukan berbagai hal guna meningkatkan Pendidikan Agama Islam melalui 3 hal yaitu dengan terus melakukan peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesejahteraan seiring dengan peningkatan status dan peningkatan kompetensi guru.

Sementara itu Plh. Kepala Kankemenag H. Khamid memberikan pesan agar Tunjangan Profesi Guru yang telah diterima oleh para guru PAI dibarengi dengan kinerja yang baik. Hal ini menurutnya sebagai wujud syukur dan perhatian negara atas tunjangan profesi tersebut.(fz/rf).