Perkuat Kerjasama Dengan Disarpus, Madtsansa Sumbang Buku-buku Karya GTK

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 1 Banjarnegara sebagai salah satu madrasah dengan predikat Sekolah Aktif Literasi Nasional tentunya memiliki semangat literasi yang tinggi. Semangat berliterasi tersebut tidak hanya ditunjukkan oleh siswa-siswa Madtsansa melalui kelas unggulan menulisnya, namun juga ditunjukkan oleh keaktifan guru dan tenaga kependidikan dalam berkarya.

Guru dan tenaga kependidikan Madtsansa terbukti sangat aktif dan giat dalam membuat karya dalam bentuk buku. Adapun jenis buku yang berhasil di cetak beragam, ada buku antologi puisi dan ada juga buku yang terkait dengan pembelajaran.

Dalam rangka mendukung kegiatan literasinya, MTs Negeri 1 Banjarnegara pun setiap tahunnya menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Banjarnegara. Bentuk kerjasama yang telah terjalin beragam dan bisa berubah setiap tahunnya tergantung dengan hasil kesepakatan yang tertuang dalam nota kesepahaman.

Linara selaku wakil kepala urusan Humas MTs Negeri 1 Banjarnegara sekaligus guru koordinator program Sekolah Aktif Literasi Nasional dalam kunjungannya ke kantor Disarpus pada Kamis (30/6) menyampaikan bahwa kerja sama yang telah dan akan terus terjalin antara kedua belah pihak adalah sebuah upaya meningkatkan budaya literasi di Madtsansa khususnya dan Banjarnegara pada umumnya.

“Kerja sama ini adalah salah satu upaya meningkatkan budaya Literasi bagi siswa-siswa Madtsansa, sekaligus mendukung program-program yang diadakan oleh Disarpus. Tentu harapannya, budaya literasi di Banjarnegara akan terus menggeliat,” ungkap Linara.

Ia juga menambahkan bahwa kunjungannya kali ini sekaligus mengantarkan karya-karya yang telah dibuat oleh guru dan tenaga kependidikan Madtsansa untuk diserahkan dan dikoleksi Disarpus.

“Saya mengantarkan beberapa buku karya GTK Madtsansa, dan ini belum seluruhnya. Insya Allah pada kunjungan saya berikutnya akan saya bawa lagi sekaligus penandatanganan nota kesepahaman,” tutur Linara usai kunjungan.

Sementara menurut Yuanti, salah satu staf Disarpus yang menerima buku-buku karya GTK Madtsansa mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi untuk semangat menulis yang telah ditunjukkan dan dibuktikan dalam bentuk karya buku.

“Luar biasa, GTK Madtsansa memang sangat bersemangat dalam berkarya. Semoga akan terus lahir buku-buku hasil karya mereka dan menambah koleksi buku-buku Disarpus Kabupaten Banjarnegara, terima kasih,” pungkas Yuanti. (fy/ak/rf)