Program Keterampilan MAN Kendal Juarai Ajang Lomba dan Expo MA Keterampilan se-Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Rakornas MA Plus Program Keterampilan se-Indonesia tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Juni 2022 di MAN Bangkalan Jawa Timur. Acara yang dibuka oleh Direktur KSKK Kemenag RI, Prof. Ishom ini, meliputi beberapa agenda yaitu Rakornas Kepala MA Plus Keterampilan, Sosialisasi Kurikulum Merdeka dalam relevansinya dengan Program Keterampilan, lomba kejuruan dan expo.

Untuk tahun 2022 ini baru pertama kalinya diadakan lomba bidang kejuruan yaitu robotik, tata busana, cinematografi dan lomba expo. Acara ini diikuti sekitar 100 MA yang menyelenggarakan program keterampilan se-Indonesia.

MAN Kendal sebagai salah satu MA Plus Keterampilan di Jawa Tengah, ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan peserta 15 orang, terdiri dari Unsur Pimpinan (Kepala, Ka TU dan Wakamad), Guru Keterampilan dan Siswa yang mengikuti lomba robotik dan tata busana.

Adapun hasil lomba adalah sebagai berikut :

  • Lomba Robotik, yaitu Line Follower Digital, dimana Lomba ini diikuti oleh 2 siswa Jurusan Teknik Audio Video (TAV) kelas XI MIPA-3 yaitu M. Imam Hakim dan Hafidz Atsran Muhammad, dengan pembimbing Achmad Lutfiana Afifudin. Dalam lomba ini Tim robotik MAN Kendal yang diberi nama B-Race menyabet Penghargaan Juara III Kategori Best Speed.
  • Lomba Tata Busana, yang diberi nama Fashion Drapping ini diikuti oleh 3 siswa Jurusan Tata Busana kelas X IPS-2, yaitu Dista Laely Listiyani, Amita Nailah Dewi dan Adjeng Fitriyani Devira Dewi, dengan Pembimbing Ibu Istiyanti, S.Pd.I dan Nur Aviva, A.Md. Dalam ajang ini TIM Tata Busana MAN Kendal memperoleh Juara I Kategori Best Creative.
  • Expo / Pameran, yang dalam Expo ini Program Keterampilan MAN Kendal menampilkan beberapa produk dan hasil praktik siswa Tata busana, khususnya aneka ragam hasil batik. Juga hasil praktik siswa TAV, diantaranya aneka lampu display, robotik dan Smart Home dengan sensor handphone. Dalam ajang ini TIM Expo menampilkan Program Keterampilan MAN Kendal, dan memperoleh Juara II Lomba Stand Expo Favorite.(Sua/Rf)