Selama Libur Sekolah Para Siswa Tetap Manjaga Akhlakul Karimah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Kegiatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 telah berakhir dengan dilaksanakannya pembagian rapor kenaikan kelas untuk peserta didik kelas VII dan VIII. Pembagian rapor MTs N 1 Pekalongan diterimakan langsung kepada orang tua siswa /wali murid. Pembagian rapor dilaksanakan di ruang kelas masing-masing mulai pukul 08.00 WIB sesuai dengan surat undangan yang dikirim oleh wali kelas melalui WhatsApp grup kelas dan berlangsung dua hari, yaitu Jumat, 24 Juni 2022 untuk kelas VII dan Sabtu, 25 Juni untuk pembagian raport kelas VIII.

Sebelum pembagian rapor semua Wali Kelas menyampaikan tentang perkembangan hasil belajar siswa selama 1 semeter akhir (semester genap) Tahun Pelajaran 2021/2022 yang meliputi aspek sikap (afektif), kognitif dan psikomotorik, penjelasan libur akhir Semester Genap dan daftar ulang dengan mengembalikan rapor yang telah ditandatangani oleh orang tua siswa serta hal-hal penting lainnya di kelas masing-masing.

Untuk libur Semester Genap, sesuai perubahan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022, akan berlangsung mulai tanggal 27 Juni 2022, kemudian masuk kembali  tanggal 18 Juli 2022. Disamping itu wali kelas juga mengajak kepada orang tua/wali supaya memberikan motivasi dan pemantauan belajar serta perilaku sosial dan keagamaan kepada putra-putrinya selama liburan.

Dalam kesempatannya saat membagikan rapor, H. Eddy Waluyo, M.Pd, wali kelas 7A  mengucapkan selamat pada orang tua atas capaian prestasi akademik anaknya, dilanjutkan menyampaikan perkembangan belajar siswa selama satu semester ini. Beliau juga memberikan pesan kepada  orang tua/wali  untuk disampaikan kepada putranya  di rumah  untuk memahami hasil belajarnya sebagaimana terdapat pada raportnya dan terus meningkatkan belajarnya di semester depan yang tentunya pada jenjang yang lebih tinggi yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Beliau juga mengajak kepada orang tua/wali supaya memberikan motivasi belajar kepada putranya selama liburan dan tetap menjaga perilaku baik.

“Alhamdulillah, selamat untuk Bapak/Ibu atas prestasi akademik yang dicapai putranya naik ke kelas VIII. Di semester depan sudah menduduki  kelas dengan jenjang lebih tinggi yaitu kelas VIII diharapkan  tidak berpuas diri dari hasil belajar yang didapat di semester ini, tetapi harus lebih semangat dan giat dalam belajarnya, kami berharap anak-anak lebih meningkat prestasinya di kelas VIII,  maka dari itu mari kita selaku orang tua selalu motivasi dan memantau belajar kepada putra-putrinya dan tetap menjaga perilaku baik selama liburan ini di rumah, meneruskan shalat dhuhanya seperti yang sudah terbiasa dilaksanakan di madrasah,” ujarnya.

Di tempat yang sama di ruang kelas 7A saat di temui tim jurnalis madrasah salah satu orang tua siswa yaitu ibu Singgih orang tua dari Aufa Arkhan Baqi yang beralamat Garungwiyono Kandangserang menyampaikan rasa senangnya karena putranya naik ke kelas VIII.

“Alhamdulillah, anak kami naik ke kelas 8. Kami sangat senang anak kami betah dan  nyaman bersekolah di MTs N 1 Pekalongan ini. Kami mengucapkan banyak terimakasih pada bapak dan ibu guru yang telah sabar membimbing dan mendidiknya,” ucapnya.

Pada moment pembagian raport kelas VIII (Sabtu, 25 Juni) setelah menyampaikan perkembangan hasil belajar kelasnya serta hal terkait informasi penting lainnya,  wali kelas 8C, Ghufron, S.Pd., memberikan reward bagi siswa yang mendapatkan peringkat 1, 2 dan 3 di kelasnya. Ia  juga mengajak kepada orang tua siswa dan saudaranya atau tetangganya  yang masih mempunyai putra/putri yang baru lulus SD untuk dapat meneruskan belajarnya ke MTs N 1 Pekalongan. Ia berpesan kepada orang tua siswa terkait dengan kenaikan kelas ini   supaya anaknya lebih giat lagi dalam belajar. Selain itu Ghufron  berpesan selama libur sekolah dimohon para siswa tetap manjaga akhlakul karimah.

“Selamat berlibur, anak-anak supaya tetap semangat dan giat dalam belajar karena sudah berada di kelas IX dan harus mempersiapkan diri untuk menempuh beberapa ujian, di antaranya ujian praktik dan ujian madrasah yang nantinya akan menentukan kelulusan siswa dan tingkat prestasi siswa. Jaga nama baik almamater madrasah serta jaga akhlakul karimah,” ujarnya. (IY-US/Ant/Rf)