081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Seleksi Pasukan Inti Pramuka, Lahirkan Siswa Madrasah Pilihan, Handal, dan Toleran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Peserta seleksi Pasukan Inti mendengarkan penjelasan pelatih

BANYUMAS – Sebanyak 34 siswa MTsN 2 Banyumas mengikuti seleksi anggota calon pasukan inti Pramuka pada Rabu (22/6). Dengan semangat korsa mereka mengikuti seleksi dengan penuh dispilin agar dapat dilantik menjadi regu inti Pramuka di madrasahnya.

Seleksi yang dilakukan oleh pelatih ini menggandeng alumni Dewan Penggalang dan Pembina Gugus Depan Pramuka MTsN 2 Banyumas, Kak Wahyu Satoto Indar. Kegiatan diisi dengan berbagai macam materi baik secara tertulis maupun secara praktik yang berkaitan dengan pemahaman tentang kepramukaan. “Siswa yang tergabung di regu pasukan inti haruslah siswa pilihan yang cukup handal baik dari segi keterampilan, ketangkasan, kedisiplinan maupun pengetahuan”, jelas Wahyu.

“Untuk masuk di regu pasukan inti tidak semudah yang dibayangkan, karena Pasukan Inti adalah siswa pilihan yang nantinya akan mewakili madrasah di tiap event kepramukaan,” tambahnya.

Kepala MTsN 2 Banyumas, Atik Restusari berharap dengan adanya kegiatan seleksi tersebut akan terpilih calon pasukan inti Pramuka MTsN 2 Banyumas. “Semoga para siswa yang terseleksi memang benar-benar yang terbaik dan memiliki kemampuan lebih sehingga nantinya dapat mengikuti event-event kepramukaan di madrasah maupun di luar madrasah serta mampu mengharumkan nama madrasah”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H Edi Sungkowo SPd MPd, mengungkapkan bahwa setiap kegiatan ekstrakurikuler di madrasah saat ini harus menyisipkan materi Moderasi Beragama.

“Moderasi beragama ini harus menjadi materi wajib di ekstrakurikuler apapun. Apalagi Pramuka. Anggota pramuka madrasah kita arahkan menjadi pribadi yang toleran, mampu menerima dan menghargai adanya perbedaan, mampu bekerjasama, adaptif terhadap kebudayaan lokal dan menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.(ind/akw/rf)