Siap Menuju MTQ Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Pembinaan dan Pelatihan Kafilah MTQ Kota Surakarta diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Surakarta, Jumat, (17/06). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Dana diikuti oleh 33 peserta dari tingkat SD/SMP/SMA.”Program ini diikuti oeh Juara 1 dan 2 MTQ tingkota kota, yang akan mengikuti 6 cabang lomba,”ujar Kasi Bimas Islam, Umi Khozanah Mujtahidah. Dalam kegiatan ini, peserta akan dilatih, dibina oleh pelatih nasional dan akan disaring hingga mendapatkan perwakilan yang akan dikirim ke MTQ tingkat provinsi Jawa Tengah.”Dalam pembinaan ini, akan menjaring kafilah jadi tidak semua akan diikutsertakan ke tingkat provinsi,” tuturnya.

Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Hidayat Maskur menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan. “Perbaiki niat, datang tidak hanya sekedar ingin jadi juara karena akan menjadi beban nantinya,”ujarnya. Hidayat mengharapkan peserta datang untuk menuntut ilmu /tholabul ilmi sehingga apapun yang kita peroleh akan mendapat nilai manfaatnya. “Selain itu harus ada tolak ukur dari sebelum dan sesudahnya, sehingga benar ada peningkatan usai mengikuti kegiatan ini,”tegasnya. Terkait adanya variasi baru yang perlu diketahui sehingga semua semakin paham, dan menemukan jati diri serta ciri khasnya.”Jati diri kita akan menemukan khas yang berbeda dengan lainnya, khas inilah yang harus kita gali dan menarik perhatian juri dengan khasnya suara,”jelasnya. Hidayat menjelaskan bahwa fungsi pelatih tidak untuk ditandingkan namun untuk melihat sisi lain yang tidak dimiliki oleh seseorang.”Jangan mutungan, terus berusaha (jangan pantang menyerah) serta hormati guru sehingga ilmu yang didapatkan dapat bermannfaat secara maksimal,” pesannya.

Pembinaan MTQ akan menyiapkan kafilah Kota Surakarta dan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 Juli 2022. Seksi Bimas Islam menghadirkan pelatih antara lain KH. Muhammad Rokhani (LPTQ Prov jawa Tengah), Muhammad Mas’ud, M.Pd.I (Juara 1 MTQ Internasional Brunei Darussalam tahun 2021) dan KH Muhamamd Muhtarom, M.Pd (PPTQ Masjid Agung).(S/Rf)