081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Songsong Penilaian Akhir Tahun, MA Salafiyah Kajen Pati Gunakan Dua Moda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT)  Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen, Margoyoso, Pati tahun pelajaran 2021/2022 menggunakan dua Moda.  Pertama Moda Computer Based Test (CBT) dengan aplikasi MASAKA yang merupakan hasil karya guru MA Salafiyah sendiri. Kedua, PAT Kertas Pensil (KP) yang dilaksanakan pada awal bulan ini.

Penggunaan mode CBT digunakan oleh peserta didik rumahan, sedangkan untuk peserta didik yang berdomisili dari pondok pesantren menggunakan kertas. Adapun pelaksanaan PAT dengan moda CBT bertempat di laboratorium komputer dan kelas. Sebagian peserta didik menggunakan komputer dan menggunakan gawai mereka masing-masing.

Ketua pelaksana PAT, Dedi Damhudi saat dikonfirmasi pada Senin, (27/6) menjelaskan, penggunaan dua moda dalam PAT kali ini menjadi salah satu terobosan baru di MA Salafiyah untuk mengimplementasikan teknologi di sektor pendidikan.

“Selain itu, PAT menggunakan moda CBT bertujuan untuk memanfaatkan SDM, sarana dan prasarana yang ada, dan melatih kemandirian para peserta didik,” jelas Dedi Damhudi.

Sementara Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum MA Salafiyah, Syamsur, menuturkan bahwa PAT dengan moda CBT maupun kertas pada dasarnya sama untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan.

“Menggunakan moda CBT menjadi salah satu komitmen madrasah untuk mengikuti perkembangan zaman yang lebih efektif dan efisien,” kata dia.(AS/MA SLF/at/Sua)