2 Ekor Kambing yang BerSKKH Diserahkan kepada UPZ Kankemenag Kota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Selasa (12/7/2022) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang menerima bantuan 2 ekor kambing sebagai hewan kurban dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat yang bermitra dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Cholidah Hanum selaku Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang menuturkan BPKH pada Idul Adha 1443 H menyalurkan 2843 hewan kurban domba/kambing yang telah dilengkapi dengan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Alhamdulillah dari proposal yang kami ajukan kepada BAZNAS pusat yang bermitra dengan BPKH, UPZ Kankemenag Kota Semarang memperoleh bantuan berupa 2 ekor kambing,” tutur Hanum.

Sebelum pelaksanaan penyembelihan, Kepala Kankemenag Kota Semarang Mukhlis Abdillah, didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ketua UPZ Kankemenag Kota Semarang dan Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban 1443 H, mengabadikan momen penerimaan hewan kurban tersebut dalam bidikan kamera.

“Dokumentasi ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban serah terima bantuan hewan kurban dari BPKH,” terang Hanum.

“Sebagaimana petunjuk teknis (juknis) yang telah disosialisasikan oleh BAZNAS Pusat, ada hal-hal yang perlu kami perhatikan dalam pelaksanaan penyembelihan, dan semuanya harus didokumentasikan sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan penyembelihan. Termasuk pendistribusiannya,” ujarnya.

Hasil daging kurban dari penyembelihan tersebut didistribusikan kepada pegawai non PNS, pedagang dan masyarakat sekitar Kankemenag Kota Semarang.(Hanum/NBA/rf)