90 Jemaah Haji Kota Salatiga Dilepas Pj Walikota

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Selasa (28/6), sebanyak 90 jamaah haji Kota Salatiga dilepas oleh Pj.Walikota Salatiga Sinoeng Nugroho Rahmadi menuju Asrama Haji Donohudan Kab. Boyolali. Jamaah yang terdiri dari 50 jamaah perempuan dan 40 jamaah perempuan tersebut bertolak ke Solo pukul 06.00 dengan menggunakan tiga armada bus yang telah disediakan panitia dengan dikawal Voorijder Polres Salatiga.

Alur kedatangan Jamaah Haji diatur sedemikian rupa untuk menjamin kelancaran pemberangkatan. Melalui jalur satu arah, mobil pengantar masuk dari arah timur jl. Sukowati, dan jemaah memasuki gerbang Pemkot tanpa didampingi keluarga. Panitia akan menyambut jamaah dan membantu mereka membawakan koper kabin untuk ditempatkan di masing-masing bus. Petugas lainnya akan mendata jamaah untuk memastikan jumlah jemaah utuh.

Dalam kesempatan itu pula jamaah haji melakukan solat subuh berjamaah di Pendopo Pemkot Salatiga. Hal ini dilakukan untuk menghindari keterlambatan jamaah memasuki area Pemkot.

Setelah seremonial upacara pemberangkatan dilaksanakan, iring-iringan bus mulai bertolak ke Solo dengan mengelilingi Lapangan Pancasila  terlebih dahulu sebanyak 2 kali putaran. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada keluarga jamaah agar bisa memberikan salam perpisahan kepada jamaah haji.

Menggunakan tiga armada bus, 90 jemaah calon haji Kota Salatiga dihantarkan beriringan oleh para pejabat di pemerintahan Kota Salatiga, seperti Pj Wali Kota, Sekda, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Kemenag Salatiga dan pejabat lainnya meninggalkan halaman pemerinth kota salatiga pukul 06.00 waktu indonesia bagian barat. Rombongan dikawal voorider dari Polres Salatiga melewati tol menuju Asrama Haji Donohudan dan tiba dengan selamat.

Sebanyak 360 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 37 hari ini Selasa (28/6) tiba di Asrama Haji Donohudan Solo pukul 08.00 wib. Pj. Walikota Salatiga Sinoeng Nugroho Rahmadi menyerahkan Jamaah Haji Salatiga kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi SOC untuk selanjutnya melakukan persiapan penerbangan pada 29 Juni. Jamaah Haji Salatiga sendiri bergabung dengan Jamaah Haji asal Kab.Semarang sejumlah 177 orang dan sebanyak 90 orang dari Kab. Purworejo. (Humas/CC)