Guru Madrasah menjadi Trainer Penguatan Moderasi Beragama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Seorang guru MAN 2 Surakarta, Diah Nuraini Fathimah mengikuti Training of Trainer Penguatan  Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat bekerja sama dengan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kegiatan yang dilaksanakan mulai 1 Juli s/d 6 Juli 2022 di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta Pusat diikuti oleh 34 peserta. Diah menjadi satu-satunya guru madrasah Kota Surakarta yang mengikuti kegiatan tersebut dan ia termasuk dalam instruktur nasional Pengembangan Kegiatan Belajar (PKB). “Saya senang dan sebuah kehormatan bagi saya bisa ikut serta menjadi peserta Training of Trainer Moderasi Beragama yang belum tentu semua guru bisa ikut, bangga karena bisa menjadi bagian penggerak moderasi untuk lingkungan madrasah,” ujarnya.

Peserta terdiri dari dosen 15 orang  , widyasiwara 8 orang , pengawas 7 orang , 4 orang Guru Madrasah. Peserta diharuskan memiliki pemahaman, cara pandang, sikap, dan perilaku keagamaan yang moderat serta mampu berkolaborasi dalam team teaching, dengan usia paling tinggi 56 Tahun dan membuat makalah bertema “Urgensi Moderasi Beragama dalam Kehidupan Beragama dan Bernegara” yang harus diserahkan melalui email moderasi@kemenag.go.id.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk membuka wawasan berpikir yang moderat dalam menjalankan agama dan dapat berpandangan , sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama – yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum – berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa sesuai dengan nilai-nilai Moderasi Beragama serta sebagai slah satu enggerak moderasi beragama di lingkungan masing-masing karena sebagai guru maka menjadi penggerak Moderasi beragama di madrasah . Sedangkan yang menjadi nara sumber salah satunnya adalah penggagas Moderasi Beragama secara langsung yaitu bapak H. Lukman Hakim Syaifuddin, Mantan Menteri Agama RI .( Ani/MAN2Ska/bd)