KUA Kecamatan Kaliangkrik Menjadi Pilot Project Wakaf Produktif dan KUA Percontohan Ekonomi Umat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – KUA Kecamatan Kaliangkrik yang diwakili oleh Penyuluh Fungsional, Achsanul Mawadah mengikuti kegiakan Launching Program Inkubasi Wakaf Produktif dan KUA Percontohan Ekonomi Umat Tahun 2022 di Hotel Holiday Inn Kemayoran jl. Griya Utama No.02 Sunter Agung Jakarta pada Senin, (25/07/2022).

“KUA Kaliangkrik merupakan salah satu KUA yang menjadi lokasi KUA Percontohan Ekonomi Umat diantara 36 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Achsanul Mawadah. KUA Percontohan Ekonomi Umat bertujuan untuk menjadikan KUA sebagai pilot project dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi umat berbasis komunitas atau keluarga melalui pemanfaatan dana APBN/ APBD, serta dana zakat, infak dan sedekah.

“Penerima manfaat diberikan pelatihan dan pendampingan dalam menjalankan usahanya. Pelatihan dan pendampingan dilakukan oleh BAZNAS, LAZ dan para Penyuluh Agama Islam dalam mengembangkan usahanya,” lanjut Achsanul Mawadah. Masing-masing penerima manfaat mengelola dana bantuan modal sebesar 10 juta rupiah.

“Salah satu agenda inti dalam kegiatan Launching Program Inkubasi Wakaf Produktif dan KUA Percontohan Ekonomi Umat Tahun 2022  adalah penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Agama dan Lembaga Zakat dan Wakaf, serta pendampingan program,” kata Achsanul Mawadah. Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan wakaf produktif dan bantuan pemberdayaan umat.

Program Inkubasi Wakaf Produktif dan KUA Percontohan Ekonomi Umat dilaunching oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi yang mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kedua program merupakan agenda pemerintah dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat. (FS/Sua)