MTs Negeri 1 Kota Semarang Berbenah Diri Melalui Penataan Ruang Baru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang-Pemindahan laboratorium baru, perpustakaan baru, dan ruang kelas baru MTs Negeri 1 Kota Semarang dimulai pada hari Senin (27/06/2022) dari ruang gedung lama ke ruang gedung baru.  Pemindahan ini juga menata inventaris barang yang dimiliki masing-masing ruang sekaligus mendata rencana barang yang akan dibutuhkan. Panitia mulai bekerja dan dijadwalkan sampai Sabtu (02/07/2022). Sebelumnya pada hari Sabtu (25/06/2022) diadakan tasyakuran dan selamatan bersama antara guru dan pegawai di gedung baru.

Ketua panitia penataan kelas, laboratorium, dan perpustakaan, Slamet Riyadi menuturkan bahwa “Kami mendapat mandat menata atas pemindahan ruang kelas baru, laboratorium, dan perpustakaan dari gedung lama ke gedung baru. Sebelumnya kami adakan rapat panitia untuk membahas teknis di lapangan, ” tutur Waka Sarpras ini. Lebih lanjut Kepala Madrasah menyampaikan bahwa “Selama kurang lebih 1 minggu kita akan memindah dan menata ruang-ruang yang perlu kita pindah dan kita tata. Mari bekerja dengan semangat. Semoga tahun pelajaran baru 2022/ 2023 semua ruangan sudah ready kita tempati. Untuk pengangkutan barang berat kita mengundang tukang angkut. Sebelumnya kita buka dengan tasyakuran dan selamatan,” demikian kata H. Kasturi.

Acara tasyakuran dan selamatan digelar di gedung baru dengan maksud memohon kepada Allah SWT agar proses pemindahan dan penataan berjalan lancar dan jika sudah ditempati selalu aman dan nyaman. Acara yang dibuka dengan khatmil qur’an 30 juz oleh para ustadz/ ustadah Boarding School MTs Negeri 1 Kota Semarang (Hafidz/ Hafidzah). Guru dan pegawai membaca juz 30. Dilanjurkan dengan tahlil, bacaan, barjanji, dan doa bersama. Hadirin berdoa dengan khusyu’ dengan harapan proses pemindahan dan penataan ini berjalan dengan baik.

Kegiatan ini Kepala Madrasah juga menegaskan bahwa di Gedung lama juga ada proses pemindahan dan penataan ruang Kamad, ruang TU, ruang guru, ruan UKS, dan ruang yang lain. Para guru dan pegawai mengurus barang dan mengamankan berkas masing-masing. Gerak cepat dan kompak mewarnai proses pemindahan. Tukang bangunan didatangkan untuk merenovasi ruang-ruang tertentu yang membutuihkan pembenahan. Untuk lebih terarah para koordinataor lapangan yang ditugasi mengkoordinir dan menggerakkan anggotanya.

Sebelumnya pemasangan lampu LED yang berbentuk huruf “MTS NEGERI 1 KOTA SEMARANG” dilakukan dengan pemasangan dua tempat yaitu di depan atas gapura pintu gerbang gedung lama dan di depan atas gedung baru dengan ukuran besar (Yang bisa dibaca dari jarak kurang lebih 200 m). Menurut Kepala Madrasah pemasangan lampu LED ini dilakukan agar madrasah pada waktu malam hari tetap kelihatan keberadaannya. Karena tanpa lampu ini kalau malam hari terlihat seperti tiada gedung megah di sini.  Sehingga MTs Negeri 1 Kota Semarang akan terlihat kemegahannya pada siang maupun malam hari.

Kecuali itu tamanisasi dilakukan dan baru saja selesai di bulan ini. Tamanisasi utama ditempatkan di depan gedung lama dan juga dipasang lampu LED meskipun ukurannya tidak sebesar lampu yang dipasang di depan atas gapura pintu gerbang madrasah. Karena taman yang baru dibuat ini terletak di pinggir jalan raya persis, maka akan mudah dibaca oleh siapa saja yang lewat di sana. “Rencana pembenahan-pembenahan akan terus dilakukan demi kredibilitas dan kemajuan madrasah. Tentu saja akan disesuaikan dengan budget yang ada. Yang jelas perjuangan membesarkan madrasah wajib kita lakukan sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing,” demikian pungkas H. Kasturi mengakhiri wawancara. (Humas Emtessa/rf)