Penasehat DWP Kemenag Salatiga: Peran Anggota DWP Sangat Besar Tingkatkan Kinerja ASN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian  Agama Kota Salatiga gelar Pertemuan Rutin Pengurus dan Anggota DWP di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga bertempat di KUA Kecamatan Argomulyo, Kamis (26/7/22).

Giat yang diikuti Pengurus dan Anggota DWP Kemenag Kota Salatiga juga dihadiri Kepala Kemenag Kota Salatiga selaku Penasehat DWP, Ketua DWP Kemenag dan Kepala KUA Kecamatan Argomulyo Salatiga.

Dalam sambutan yang disampaikan Ketua DWP Kemenag Kota Salatiga, Ny.Hj. Qiqi Taqiyah Taufiq mengucapkan terima kasih atas pertemuan rutin yang dihadiri oleh Penasihat DWP Kemenag dan kepada jajaran pengurus yang telah menyiapkan segala sesuatu demi terselenggaranya kegiatan ini.

Ditambahkan oleh Hj. Qiqi dalam rangka mendukung program dari DWP Kemenag RI, DWP Kemenag Salatiga akan mengadakan Tes IVA dan Sadanis bagi pengurus dan anggota DWP, karyawan perempuan di lingkungan Kemenag yang akan diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal, 10 Agustus 2022.

“Kami mengagendakan pelaksanaan tes IVA dan Sadanis dalam rangka menyongsong HUT Kemerdekaan RI. Program ini juga merupakan program dari DWP Kemenag RI. Dalam agenda ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Salatiga,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Hj. Qiqi, Pemeriksaan IVA bertujuan untuk mendeteksi kelainan pada mulut rahim atau kanker serviks sedangkan Sadanis merupakan pemeriksaan terhadap deteksi dini kanker payudara. Beda Sadanis dengan Sadari adalah, jika Sadari merupakan pemeriksaan oleh diri sendiri, sedangkan kalau Sadanis merupakan deteksi dini kanker payudara yang dilakukan oleh tenaga medis,” tambah Hj. Qiqi.

Lebih lanjut Hj. Qiqi berharap kepada semua anggota DWP Kemenag untuk ikut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan Tes IVA dan Sadanis dengan menjadi peserta Tes IVA dan Sadanis.

“Kami berharap seluruh anggota DWP Kankemenag Kota Salatiga bisa berperan dalam menyukseskan kegiatan tes IVA dan Sadanis. Ini sebagai upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker mulut rahim dan kanker payudara. Dengan demikian penanganannya akan lebih cepat, sehingga harapan sembuh juga lebih tinggi. jelas Hj. Qiqi.

Penasehat DWP Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman dalam pembinaannya menyampaikan apresiasi atas rencana  dilaksanakannya tes IVA dan Sadanis oleh DWP Kemenag. “Kami mengapresiasi atas rencana dilaksanakannya tes IVA dan Sadanis ini. Niat baik dan diikuti dengan kegiatan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga. Insya Allah kegiatan tes IVA dan Sadanis ini akan terlaksana dengan baik, maka sebarkan informasi ini seluas luasnya ” tuturnya.

Selanjutnya H. Taufiq menyampaikan Motto untuk Anggota DWP Kemenag “Semangat di Kantor, bahagia di rumah dan sukses melaksanakan tugas”. 

Dijelaskan oleh Taufiq, peran anggota DWP sangat besar dalam meningkatkan kinerja ASN.

“Dorongan anggota DWP yang juga sebagai  istri akan memberikan semangat kerja pada para suami. Para istri harus bersatu untuk menunjang suami dalam bekerja dengan baik dan berkarir.” kata Taufiq.

Di sisi lain Taufiq menjelaskan core values ASN diimplementasikan dalam kata “Berakhlak” yang merupakan akronim dari ‘berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif’.

“Support dan motivasi dari ibu-ibu DWP sangat diperlukan, mulai dari menyapa suami yang ramah, penata laksanaan di rumah, menenangkan suami ketika ada masalah, memecahkan masalah rumah tangga bersama, melayani suami sepenuh hati dan yang wanita karir seimbangkan antara pekerjaan dengan peran sebagai anggota DWP, “ jelas Taufiq.

Di akhir sambutannya Taufiq berharap kepada semua anggota DWP untuk Selalu mengikuti perkembangan kebijakan DWP Kanwil dan pusat, membuat program inovasi akseleratif dan menyukseskan program pemeriksaan IVA. (Humas).