Tasyakuran Kedatangan Jemaah Haji, Wabup Pati: Jaga Kemabruran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati bersama Pemerintah Kabupaten Pati menggelar tasyakuran dan doa bersama menyambut kedatangan jemaah haji dan juga menyambut tahun baru hijriyah 1444 H di pendopo kabupaten Pati, Kamis, (28/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pati beserta forkopimda, Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Pati, Kasi Penyelenggara Haji dan umroh Kemenag Pati dan para Jemaah haji kabupaten pati tahun 2022 M.

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Kesra Pemda Kabupaten Pati Abdul Kharis melaporkan bahwa jamaah haji yang berangkat riil berjumlah 695 orang dengan keterangan jamaah haji yang wafat di tanah suci ada satu orang, sehingga 694 Jamaah Haji Kabupaten pati telah melaksanakan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji.

“Alhamdulillah semua kegiatan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar serta bisa tiba kembali ke Tanah Air pada (16/7) lalu dengan sehat dan selamat,” kata Kharis.

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) di awal sambutannya mengucapkan selamat kepada Bupati Pati yang telah terpilih kembali sebagai Ketua IPHI Kabupaten Pati periode 2022-2027. “Lewat IPHI, kita kuatkan tali silaturahim antar Jemaah haji di kabupaten Pati,” ujarnya.

Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara ibadah haji daerah, ketua rombongan dan semua petugas. “Keharmonisan dan kekompakan baik dalam perjalanan, maupun kegiatan ziarah. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda,” ucap Safin.

Mewakili kepala daerah sebagai koordinator penyelenggara haji Kabupaten Pati, Arifin juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh jamaah haji Kabupaten Pati apabila dalam pelayanan kepada para jamaah sejak keberangkatan sampai dengan acara tasyakuran kedatangan ini terdapat hal-hal yang kurang menyenangkan dan tidak berkenan.

Lebih lanjut Wabup juga menyampaikan bahwa pada saat pemberangkatan selalu mendoakan agar jamaah Haji Kabupaten Pati bisa melaksanakan ibadah dalam keadaan selamat sampai kembali di Pati.

“Hari ini kita bersama-sama mensyukuri nikmat Allah, barang siapa yg mensyukuri nikmat Allah niscaya Allah akan melipat gandakan nikmat. Setelah pulang dari Tanah Suci dan berpredikat Haji, kita harus menjaga Kemabruran sepanjang hayat, dengan menjaga citra Haji yang kita sandang,”ucap Safin.

Wakil Bupati juga berpesan kepada hadirin yang hadir agar bisa menjadi tauladan dari mulai sikap, tindak tanduk dan perilaku, juga ibadah kepada Allah SWT harus lebih ditingkatkan.

“Saya mewakili Forkompimda dan masyarakat Pati mengucapkan Syukur, selamat berkumpul lagi dengan keluarga semoga menjadi Haji yang mabrur, jaga dan pertanggung jawabkan predikat Haji dengan baik supaya bermanfaat,” pungkas Wakil Bupati.(at/Sua)