081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

UPZ Kemenag Kab. Batang Salurkan Ratusan Juta Zakat Pada Fakir Miskin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
* Tampak kasi PD.Pontren H. Sugiedi menyerahkan zakat di KUA Kecamatan Reban

Batang – Menyambut datangnya bulan Muharam dan melaksanakan program tahun 2022, UPZ Kementerian Agama Kabupaten Batang menggelar kegiatan peduli dhuafa dengan mentasarufkan zakat untuk asnaf fakir miskin. Pentasarufan itu digelar di seluruh KUA kecamatan yang apa pada Kamis (28/07) kemaren.

Sekretaris UPZ Kemenag Kab. Batang Mustami’an dalam keterangannya mengatakan bahwa pihaknya dimomen Muharam ini telah menyiapkan dana zakat untuk disalurkan pada asnaf fakir dan miskin yang tersebar di 15 Kecamatan.

“ Kita akan salurkan zakat untuk 585 fakir dan miskin dengan jumlah total sebesar Rp. 146.250.000, dan dari jumlah itu secara rinci untuk asnaf fakir sebanyak Rp. 78.750.000 dan asnaf miskin sebanyak Rp. 67.500.000 jadi tiap kecamatan 40 mustahik,” jelas Mustami’an.

Ketua UPZ Kemenag Kab. Batang Hj. Siti Mahmudah secara terpisah menyatakan sukur Alhamdulillah di hari Kamis yang lalu kita semua mendatangi 15 kecamatan untuk mentasyarufkan zakat pada mustahik yang telah ditentukan.

“ Alhamdulillah kemarin tepatnya hari Kamis tanggal 28 Juli 2022 kita telah selesai melaksanakan pentasyarufan zakat di kecamatan, hal ini dikandung maksud karena UPZ sebagai unit pengumpul zakat yang diberi amanah membantu Baznas Kabupaten Batang,” kata Hj. Siti Mahmudah.

Dia juga menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan bukan untuk meninggalkan kewenangan Baznas, namun yang lebih penting adalah untuk membantu tugas dan fungsi Basnas.

* Kasi Bimas Islam H. Sodikin didampingi Kepala KUA Kecamatan Banyuputih sedang memberikan zakat pada mustahik

“ Kita sudah tahu bahwa kewenanga menyalurkan zakat secara regulasi adalah tugas dan wewenang dari basnas, namun demikian kita telah melaporkan kegiatan ini pada baznas dan setelah selesai pentasyarufan kita akan segera membuat laporan kegiatan secara akuntabel pada Baznas Kabupaten Batang,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho yang ditemui diruang kerjanya menyampaikan terimakasih pada baznas Kab. Batang yang telah memberi kesempatan pada UPZ Kemenag membantu menyalurkan zakat yang diperoleh dari ASN Kemenag sendiri.

“ Kami menyampikan terima kasih kepada Baznas Kab. Batang yang memberikan kesempatan pada UPZ kita untuk membantu pentasyarufan zakat untuk fakir miskin, karena sumber zakat ini dari 21/2 penghasilan seluruhASN Kemenag,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga menegaskan bahwa mustahik yang menerima zakatnya adalah asnaf fakir miskin yang tersebar dimasing-masing Kecamatan sebanyak 40 orang.

“ Semoga zakat yang kita salurkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, ASN yang dipotong zakatnya 21/2 %  penghasilannya akan dibalas oleh Allah SWT dan gerakan zakat ini sebagai salah satu wujud syukur dari ASN Kementerian Agama atas rizki yang telah berikan Allah SWT,” tegasnya.

Penyaluran zakat oleh UPZ Kemenag Kab. Batang dalam putaran satu tahun biasanya digelar pada tiga momen yaitu bulan Ramadhan, Hari Amal Bakti (HAB) dan pada momen memperingati bulan Muharam. (Zy_humas/rf)