Wisuda Bersama Santri TPQ Kota Surakarta tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Badan koordinasi Lembaga Pendidikan Al Qur’an (Badko LPQ) Kota Surakarta mengadakan Wisuda Bersama santri TPQ Kota Surakarta. Kegiatan ini mendapat support penuh dari Pemkot Surakarta dan Kemenag Kota Surakarta. Wisuda ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 31 Juli 2022 bertempat di Pendhapi Gedhe Sala Balaikota Surakarta. Diikuti oleh 256 santri TPQ dari seluruh kecamatan di Kota Surakarta.

Ketua Badko LPQ Kota Surakarta, Daliman,S.PdI,.M.Pd dalam sambutannya menyatakan rasa syukur atas terselenggaranya wisuda ini dan terimakasih kepada Pemkot Surakarta dan Kemenag Kota Surakarta yang selama ini mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan Badko LPQ. Pemkot Surakarta selama ini telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan Badko LPQ antara lain Wisuda santri, Pelatihan guru, Fasi tingkat Kota dan Provinsi, Jambore anak soleh, outbond guru dan masih banyak lagi. Dan Kementerian Agama Kota Surakarta yang selama ini melakukan pembinaan. Semoga kedepan lebih intensif dan lebih baik lagi. Dan Pendidikan Al Qur’an di kota Surakarta semakin maju dan bermutu. Pesan untuk para santri yang diwisuda bahwa setelah wisuda bukan berarti berhenti mengaji namun harus tetap tekun mengaji. Mengaji tidak berhenti karena wisuda. Tiada hari tanpa mengaji. Mengaji sampai mati.

Dalam sambutannya, Kabag Kesra Setda Kota Surakarta, Hendro Pramono, S.Sos, mewakili walikota Surakarta menyatakan bahwa “Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah kota Surakarta kami menyambut baik dengan diselenggarakannya Wisuda bersama santri tpq kota surakarta ini.
Kegiatan wisuda bersama santri TPQ Ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca al Quran dikalangan masyarakat sehingga program Pemerintah untuk membumikan al quran dapat terwujud.

Melalui wisuda santriwan dan santriwati ini juga patut untuk kita syukuri Karena di kota Surakarta akan muncul Ahli-ahli qur’an yang akan memimpin wilayah kota Surakarta ini dengan dijiwai nilai nilai al qur’an.
Kita patut memberikan apresiasi kepada Para guru , ustadz dan ustadzah yang secara serius dan konsisten dalam membina para santri belajar al quran. Kami bangga dengan tekad para guru guru tpq yang secara ikhlas dan istiqomah membimbing para santri tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan material demi tujuan mulia.

Berkat tangan dingin dan ketulusan mereka, Alhamdulllah kita memiliki calon-calon Generasi qur’ani yang akan menjadi generasi penerus pemimpin di wilayah kota Surakarta ini.
Kami juga berharap para santri juga diajarkan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, dasar negara, cinta tanah air dan NKRI.”

Sedangkan Kepala Kementerian Kota Surakarta, H. Hidayat Maskur, S.Ag., M.S.I dalam sambutannya menyatakan “Kita patut memberikan apresiasi atas semangat dan capaiannya, kepada anak-anak yang telah menyelesaikan Iqro’ hingga bisa membaca al qur’an, tentunya semangat terus untuk mengaji dan memahami al quran ini harus terus digalakkan.
Kepada para Ustadz, orang tua, wali, dan keluarga wisudawan/wati, saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan ini.
Pasti, semangat ananda tak lepas dari peran kalian semua. Ijinkanlah saya menyampaikan beberapa pesan khusus kepada putra-putri kita yang diwisuda pada hari ini.
“Kedepan kalian adalah penerus kami, harapan kami kalian yang akan mengelola mengurus negri ini, maka jika nanti Allah memberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin maka kalian harus memimpin dengan karakter yg dijiwai nilai-nilai al Qur’an dengan tetap mencintai negeri ini karena kalian lahir dan dibesarkan di negeri ini.”
Prosesi wisuda diawali dengan ikrar santri. Ikrar santri diikuti oleh seluruh wisudawan. Ikrar santri berbunyi
IKRAR SANTRI
DEMI BAKTIKU KEPADA ILAHI,DAN CINTAKU KEPADA AL-QUR’AN SUCI,
AKU SANTRI TPQ BERJANJI :

  1. RAJIN SHALAT SEPANJANG HAYAT;
  2. TIDAK LUPA MENGAJI SETIAP HARI;
  3. BERBAKTI KEPADA AYAH DAN IBU;
  4. TAAT DAN HORMAT KEPADA GURU;
  5. MENUNTUT ILMU TIADA JEMU;
  6. SAYANG KAWAN TAK SUKA LAWAN;
  7. CINTA TANAH AIR DAN NKRI;
    Adapun yang mewisuda adalah Kepala Kemenag Kota Surakarta, Kabag Kesra Setda Kota Surakarta dan Ketua Badko LPQ Kota Surakarta.
    Selain prosesi wisuda juga dipilih sepuluh wisudawan terfavorit dan sepuluh yatim atau duafa’ yang semua mendapatkan hadiah. (my/bd)