8 Kontingen Pospeda Kota Semarang Akan Ikuti Pertandingan Tingkat Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Mukhlis Abdillah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang memberikan wejangan kepada kontingen Pekan Olahraga Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (Pospeda) Kota Semarang, yang akan mengikuti pertandingan tingkat Jawa Tengah pada Sabtu-Minggu (27-28 Agustus 2022) di MAN 1 Surakarta.

“Perlombaan bukan ukuran utama dalam keberhasilan, ukuran utamanya adalah bagaimana kita mengaplikasikan ajaran-ajaran yang didapat selama mengenyam pendidikan di pondok pesantren, sehingga bisa bermanfaat bagi negara dan bangsa,” tutur Mukhlis Abdillah kepada kontingen Pospeda Kota Semarang, Jumat (26/8/2022) di ruang kerjanya.

“Pospeda merupakan salah satu kunci atau ajang untuk mengukur talenta yang kita miliki dalam berkonsistensi mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari,” ujarnya.

Ia pun berharap dalam Pospeda Tingkat Jateng esok, kontingen Kota Semarang dapat memberikan hasil yang terbaik. “Mari berikan tampilan yang terbaik, berusaha semaksimal mungkin. Tugas kita adalah berusaha dan berdoa, untuk hasilnya mari kita serahkan kepada dewan juri. Semoga kegiatan ini memberikan berkah yang berlimpah. Meskipun tidak semua cabang dilakukan secara tatap muka langsung, tetap persiapkan mental dan tetap semangat,” pesannya.

“Sebagai santri, kita diajarkan tawaduk akan tetapi bukan berarti minder dan tidak bisa bersaing dengan peserta dari kontingen daerah lain. Semua peserta mempunyai kesempatan yang sama, semog besok kontingen dari Kota Semarang meraih kejuaraan,” harapnya.

Tak lupa, dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan pesan agar kontingen Kota Semarang dapat menjaga diri. “Tingkah laku kita merupakan cerminan kepribadian kita. Selama disana berperilakulah yang baik, berbaur dengan kontingen lainnya, sehingga bisa mencerminkan lembaga pondok pesantren di Kota Semarang yang mempunyai kualitas,” tandasnya.

Ia juga mengajak kontingen Pospeda Kota Semarang untuk berucap syukur atas segala kenikmatan yang telah Allah SWT berikan.

Pada bagian lain, Kepala Seksi Pendidikan Pondok Pesantren Kankemenag Kota Semarang, Tantowi Jauhari menuturkan, ada 9 cabang perlombaan yang diikuti kontingen Pospeda Kota Semarang yaitu, Pidato Bahasa Indonesia Putra-Putri, Pidato Bahasa Arab Putra-Putri, Pidato Bahasa Inggris Putra-Putri, Kaligrafi Putra-Putri, dan hadroh Putra-Putri. “Besok pagi insya Allah rombongan dari Kota Semarang sejumlah 20 orang akan berangkat ke Surakarta untuk mengikuti Pospeda Tingkat Prov. Jateng yang terdiri dari 12 orang official dan 8 orang peserta. Untuk cabang hadroh, penilaian hanya melalui rekaman video, sedangkan untuk cabang lainnya dilakukan secara tatap muka langsung,” terangnya.(Tantowi/Arya/NBA/bd)