081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Bangun Kedisiplinan, MTs N 5 Rembang Adakan Perjusa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

MTs N 5 Rembang — Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler yang menjadi penyeimbang kegiatan intrakurikuler. Kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter generasi muda yang tangguh, terampil, cerdas dan disiplin.

Penguatan Pramuka ini di antaranya dilakukan oleh MTsN 5 Rembang dengan mengadakan Perkemahan Pramuka Jumat Sabtu (Perjusa).

Kepala MTsN 5 Rembang, Warsan mengatakan, Perjusa merupakan kegiatan yang menjadi bagian dari program sekolah. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kemandirian, kedisiplinan, mengembangkan sikap sosial, dan tanggung jawab,” kata Warsan Kamis,(11/08).

Perkemahan yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juli 2022 diikuti seluruh peserta didik kelas 7 sejumlah 152 dan 50 Dewan Kerja dari kelas 8-9.

Kegiatan perkemahan yang rutin diselenggarakan setiap tahun dalam rangka penerimaan tamu penggalang di halaman madrasah, didampingi oleh panitia sekaligus pengarah peserta yang terdiri dari Guru dan Karyawan.


Warsan mengatakan, kegiatan Perjusa bisa menjadi wahana pembentukan karakter peserta didik MTsN 5 Rembang, karena dalam kegiatan tersebut, peserta didik tidak hanya menerima materi atau isi pelajaran keperamukaan melainkan juga memiliki kesempatan belajar menumbuhkan sikap-sikap dan perbuatan yang baik untuk membentuk karakter dan kekuatan jasmani.

“Dalam Perjusa ada pelatihan kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian yang di rangkum dalam tiap -tiap kegiatan yang peserta didik lakukan baik berupa latihan maupun games, tidak luput juga untuk mengembangkan aspek spiritual, emosional dan rohani mereka,” terangnya.

Pembina pramuka MTs Negeri 5 Rembang Ari Widodo saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan mengatakan. “Perjusa adalah wadah pembinaan peserta didik yang dikemas secara menarik, menantang dan juga menghibur. Kegiatan ini bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik untuk membentuk karakter leadership dan mandiri,” ujarnya.

Kegiatan Perjusa diwajibkan bagi peserta didik baru MTs Negeri 5 Rembang. “Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat saling mengakrabkan satu sama lain dan menumbuhkan sikap kepemimpinan dan kemandirian,” ungkap Ari._Habibie/iq/rf