081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Dituntut Mandiri Dzulfikar dan Regu Siap Buktikan Atraksi di Jambore Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelepasan peserta jambore nasional tahun 2022 dilaksanakan di Pringgitan, rumah dinas Bupati Banjarnegara. Rabu (10/8) para peserta jambore nasional, para pembina, mabigus, dan pelatih menyaksikan bersama para peserta ini dilepas oleh Penanggung Jawab Bupati Banjarnegara. 8 pramuka garuda putra dan 8 pramuka garuda putri siap berangkat ke Cibubur, tempat pelaksanaan jambore nasional.

Salah satu peserta jambore nasional, Dzulfikar Syarifudin Ma’ruf merupakan siswa dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Dzulfikar bersama peserta lain dituntut untuk mandiri dan berani beraksi. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Aris dari kwartir cabang Banjarnegara.

“Izin melaporkan bahwa para pramuka garuda ini memang betul-betul dituntut untuk mandiri. Jika biasanya perkemahan mendirikan tenda untuk bersama, kali ini di tengah pandemi covid-19 mereka menggunakan tenda perorangan atau doom. Mereka juga ditunjuk untuk menampilkan atraksi di Cibubur lusa,” ujar Aris.

Lebih lanjut Aris mengatakan bahwa regu putra ditunjuk untuk menampilkan atraksi berupa membuat jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut harus bisa dilewati sepeda, bahkan uji coba kemarin menggunakan sepeda motor. Sedangkan regu putri ditunjuk untuk menampilkan tari dari daerah Bali.

“Kita orang Jawa tetapi ditunjuk menampilkan tari Bali. Kemarin sudah ditunjukkan dan alhamdulillah mereka layak,” tambahnya.

Asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat pemerintah daerah Banjarnegara  Turisman mewakili PJ Bupati untuk menyampaikan pesan. Pesan tersebut yaitu supaya peserta jambore nasional dari Banjarnegara bisa membawa nama harum Banjarnegara.

“Pesan kami yang pertama, bawalah nama harum Banjarnegara di kancah nasional. Kemudian semoga bukan hanya nama harumnya saja yang dibawa tetapi kalian juga meraih prestasi. Selamat dan semangat dalam menjalani jambore nasional di Cibubur 10 sampai 22 Agustus 2022,” pungkas Turisman. (Rin/ak/rf)