DWP Kemang Blora Antusias Ikuti Tes IVA dan Sadanis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Cegah Kanker Serviks dan Payudara, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora turut sukseskan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) & Sadanis (Periksa Payudara Klinis) secara Gratis, Rabu 10 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 yang merupakan salah satu rangkaian acara dari DWP Kemenag RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat baik di kantor wilayah maupun kabupaten kota.

Ketua DWP Kemenag RI, Farichah Nizar Ali menjelaskan dalam webinar, bahwa kanker serviks dan payudara sangat berbahaya dan harus diwaspadai sejak dini. Meski demikian, kanker serviks dan payudara dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat. Deteksi dini kanker serviks dan payudara bisa dilakukan dengan Tes IVA dan Sadanis.

Zahratun Kafit, Ketua DWP Kankemenag Kabupaten Blora mengatakan bahwa dalam kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari ibu-ibu Dharma Wanita.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan dengan lancar. Semua Ibu-ibu DWP Kemenag Blora berantusias mengikuti tes iva dan sadanis. Saya mengucapkan terima kasih banyak,” katanya

Imatul Imroah salah satu anggota DWP Kemenag Blora mengatakan sangat berterima kasih dan senang bisa mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah setelah dites tadi saya jadi tahu bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya. Saya merasa lebih aman karena hasilnya saya sehat, tidak ada gejala yang mengarah pada kanker serviks maupun payudara. Terimakasih,” ucap Ima.

Sebagaimana diketahui bersama, Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih. (nn/rf)