DWP Kemenag Mampu Jaring 16.462 Peserta Tes IVA dan SADANIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Dalam kegiatan pembukaan Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS), Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Eny Yaqut Kholil Qoumas menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang telah turut mendukung terlaksananya program tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) secara serentak oleh DWP se-Indonesia. Hal ini disampaikannya secara langsung dari Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan pembukaan tes IVA dan SADANIS diselenggarakan oleh DWP Kemenag RI sacara luring dari gedung Kemenag Thamrin Jakarta, dan secara daring yang diikuti oleh seluruh Unsur Pelaksana DWP se-Indonesia baik Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), provinsi, maupun kabupaten/kota.

Kegiatan tersebut turut mengundang Wakil Ketua DWP Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Ibu Mutiara Dante, serta perwakilan dari Kemenkes RI.

Dalam kesempatan tersebut, Eny mengungkapkan rasa bangganya atas capaian dari Unsur Pelaksana DWP yang telah berhasil menarik banyak peserta untuk mengikuti tes IVA dan SADANIS. “Kami awalnya menargetkan 150 peserta/provinsi, ternyata luar biasa alhamdulillah sampai saat ini telah terdaftar peserta se-Indonesia sebanyak 16.462. Saya betul-betul bangga kepada semua DWP Kemenag se-Indonesia,” ungkapnya.

Pada bagian lain ia menerangkan bahwa guna mensukseskan tes IVA dan SADANIS, DWP Kemenag RI mengawalinya dengan melaksanaan seminar kesehatan yang telah dilaksanakan pada 16 Juli 2022, dengan menghadirkan dokter Lula Kamal sebagai narasumber, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pelaksanaan tes IVA dan SADANIS secara serentak se-Indonesia. “Masing-masing Unsur Pelaksana DWP membuat inovasi-inovasi guna menarik banyak peserta, seperti yang dilakukan oleh DWP Kanwil Kemenag Prov. Jatim, mereka sampai membuat lagu. Dan kami laporkan Ibu Mutiara Dante, peserta tes IVA dan SADANIS ini tidka hanya diperuntukkan bagi anggota DWP Kemenag saja, tetapi juga masyarakat, ” terangnya.

Ia juga menuturkan jika DWP Kemenag merupakan DWP Kementerian pertama yang menyelenggarakan tes IVA dan SADANIS.

Menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Menteri Agama sebelumnya, kegiatan tes IVA dan SADANIS yang digelar oleh DWP Kemenag se-Indonesia merupakan salah satu ikhtiar guna mensyukuri nikmat Allah SWT dalam menjaga kesehatan jiwa dan raga.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan penyapaan langsung Penasihat DWP Kemenag RI kepada beberapa DWP Kemenag diantaranya, DWP Kanwil Aceh, DWP Kanwil Jatim sebagai Unsur Pelaksana dengan peserta terbanyak, DWP Kanwil Kalsel dimana pesertanya memperoleh privilege dari Dinkes setempat berupa uang transport dan goody bag, DWP Kaltim, DWP Papua, DWP Maluku, dan UIN Yogyakarta.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Eny Yaqut Kholil Qoumas menginformasikan bahwa kegiatan tes IVA dan SADANSI yang dilaksanakan pada hari itu menjadi tranding topic tertinggi ketigas pada akun twitter. Ia berharap kegiatan di seluruh wilayah Indonesia berjalan dengan baik dan lancar.(NBA/bd)