Gebyar HUT Ke – 77 Kemerdekaan RI, DWP Kemenag Kebumen Fasilitasi Tes IVA dan Sadanis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, bekerjasama dengan Puskesmas Kebumen 3 menyelenggarakan pemeriksaan leher rahim melalui tes IVA (inspeksi visual asam asetat) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis) gratis bagi masyarakat umum.

Ketua DWP Kemenag Kebumen, Laila Azizah Ibnu mengatakan, kegiatan yang merupakan program Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI ini, digelar dalam rangka gebyar HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indoesia. termasuk yang dilaksanakan di Puskesmas Kebumen 3 pada Rabu (10/08).

“Sebanyak tujuh belas orang ikuti test ini,” ungkap Laila Azizah.

Laila menjelaskan, pelaksanaan tes IVA & Sadanis ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, utamanya para ibu – ibu akan pentingnya deteksi dini penyakit kanker payudara dan leher rahim. “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” tandasnya.

Kepala Puskesmas Kebumen 3, drg. Mira Maria Mirza mengatakan sangat mendukung dan berterimakasih sekali kepada seluruh jajaran DWP Kebumen yang telah ikut aktif mensosialisasikan dan menginisiasi pelaksanaan tes IVA & Sadanis.

“Acara ini sangat bagus sekali guna mendukung program pemerintah terkait deteksi dini penyakit kanker leher Rahim dan payudara,” ujar Mira.(fz/bd).