Jelang Gelaran KSM, Kemenag Kendal Selenggarakan Rakor

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dihadiri oleh anggota Komite KSM yang terdiri dari pengawas madrasah, ketua KKM dan kepala madrasah, Selasa (2/8) di aula lantai 2 Kantor Kemenag.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini dilakukan berjenjang mulai dari KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, hingga KSM Nasional. Melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, KSM dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

Rapat ini membahas persiapan yang harus dilakukan pihak madrasah, yaitu perangkat beserta proktor, juga kesiapan pengawas. Kasi Pendidikan Madrasah menuturkan, rencananya KSM Nasional yang difasilitasi oleh Kementerian Agama RI ini akan dilaksanakan pada 10-14 Oktober 2022 di DKI Jakarta. Satu siswa terbaik di bidang KSM akan mewakili setiap provinsi untuk mengikuti KSM Nasional.

“Sebelum mengikuti KSM tingkat Nasional, kita melaksanakan seleksi di tingkat Kabupaten pada 9-11 Agustus 2022 untuk jenjang MI, MTs dan MA dengan total peserta sebanyak 589 siswa,” tutur Mukhamad Muslikhan.

Dalam pertemuan itu pula, seruan semangat terus digencarkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, dirinya sangat berharap lomba yang akan diselenggarakan tersebut bisa memunculkan dan menghadirkan siswa-siswi kebanggaan bersama, bukan hanya milik madrasah tetapi milik kita bersama di Kementerian Agama.

“Saya berharap semua kepala Madrasah mempersiapkan ini dengan sebaik-baiknya agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari setiap peserta KSM yang diutus, selanjutnya kepada seluruh guru atau TIM KSM yang terlibat agar tetap berkoordinasi dengan baik sehingga kegiatan ini terlaksana dengan lancar sampai pada tingkat Nasional nantinya,” pungkas Muslikhan. (bel/rf)