081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kabupaten Sragen Sabet Juara Umum POSPEDA IX Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (POSPEDA) IX Jawa Tengah tahun 2022 kembali digelar. POSPEDA merupakan kegiatan periodik setiap tiga tahun sekali sebagai penggali potensi para santri di bidang olahraga dan seni, berlangsung selama dua hari, sabtu-ahad (27-28/8/2022) bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta.

Terdapat 2 bidang lomba pada POSPEDA IX Jawa Tengah yaitu bidang seni dan olahraga. Bidang seni meliputi kaligrafi, seni hadroh, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa inggris, pidato bahasa arab dan video film pendek. Sedang bidang olahraga meliputi atletik, senam santri, dan senam SKJ. Perlombaan ini diselenggarakan secara hibrid, yakni daring dan luring, dengan jumlah peserta sebanyak 1.558 santri.

Tema POSPEDA tahun ini adalah “Santri Sehat, Cerdas, Mandiri, dan Toleran”. Tema ini memiliki makna ketika perubahan iklim maka kesehatan jasmani kita sangat diperlukan sehingga harus tanggap menghadapi itu dengan berkonsentrasi untuk memperkuat kemampuan akalnya, batin dan penguatan moderasi beragama. Salah satu simpulnya selain berbicara tentang keteguhan kita kepada komitmen kebangsaan juga bicara tentang toleransi dan anti kekerasan. Kebaikan yang harus ditembus dengan humanisme dan ketersambungan antara diri dengan Allah SWT.

Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad, sabtu (27/8/2022) malam, dimeriahkan dengan penampilan hadroh, tari saman dan tim paduan suara dari siswa/i MAN 1 Surakarta. Dalam sambutannya Mustain Ahmad memberikan slogan ‘jangan lelah’ mengenai olahraga dan seni yang menjadi penting dan harus mendapatkan perhatian.
“Pemenang atau yang belum juara berbicara tentang cerita kehidupan. Kita semua pernah jadi pemenang dan juga di dalam cerita hidup kita pernah mengalami kekalahan,” ujar Mustain Ahmad. Mustain Ahmad menambahkan salah satu fungsi POSPEDA adalah menjaring santri berprestasi di bidang olah raga dan seni untuk mewakili provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan POSPENAS ( Pekan Olahraga dan Seni Tingkat Nasional) pada November 2022 di Surakarta. Cara yang jitu dan efektif selain menjadi penyelenggara yang baik adalah juga menjadi juara.

Sementara itu menurut Nur Hidayah selaku pembimbing dan Rizqi Fahrian selaku peserta mengatakan bahwa POSPEDA tingkat provinsi memiliki daya saing yang sangat kuat dan butuh persiapan yang matang untuk berani mewakili daerah asal dalam perlombaan. Sehingga diadakannya POSPEDA IX Jawa Tengah telah mewujudkan forum akbar di bidang olahraga dan seni tingkat provinsi dengan memberikan porsi yang sama kepada para santri untuk mengembangkan potensi dan bersaing secara sehat sebagai wahana perekat kerukunan silaturrahmi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Tampil sebagai juara umum POSPEDA IX Jawa Tengah adalah kontingen Kabupaten Sragen. Penyerahan trophy dan uang pembinaan dilakukan oleh Musta’in Ahmad selaku Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah beserta Nur Abadi selaku ketua panitia (FJ/My/bd).