081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kankemenag Kota Pekalongan Gelar FGD Revitalisasi KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan melalui Seksi Bimas Islam, menggelar Focus Group Discusssion (FGD) Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di RM Saling, Jum’at (5/8/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kankemenag Kota Pekalongan dan diikuti 30 peserta terdiri dari seluruh Kepala KUA, penghulu, Penyuluh Agama Islam dan sejumlah JFU KUA yang ada di Kota Pekalongan.

Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, H. Kasiman Mahmuda Desky menyampaikan bahwa ” KUA merupakan ujung tombak pelayanan Kemenag di tingkat kecamatan. Oleh karena itu, KUA harus mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, berupa pelayanan berkualitas”.

Lebih jauh lagi Kasiman menjelaskan bahwa ASN yang berada di Kantor Urusan Agama (KUA) mulai dari Kepala KUA, penghulu serta para staf, dan para penyuluh merupakan jajaran Kemenag yang hadir di tengah masyarakat untuk melayani, karena yang paling dekat dengan umat dan masyarakat adalah KUA.

“Seluruh komponen di KUA harus memahami dan melaksanakan 10 tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat dan juga harus memberikan teladan dan contoh kepada masyarakat,” jelas H. Kasiman.

Revitalisaai KUA merupakan salah satu program prioritas Kemenag untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, H.M. Arifudin, S.Kom selaku ketua penyelenggara menyampaikan, kegiatan ini juga membahas pelaksanaan kegiatan Bimwin Catin Mandiri secara terjadwal dalam rangka memberikan edukasi dan keterampilan guna membangun keluarga sakinah.

“KUA jangan hanya focus mengurus nikahnya saja, tetapi juga harus mengurusi pranikahnya juga. Karena Pelayanan Bimbingan Keluarga Sakinah merupakan salah satu dari 10 Tugas Pokok dan Fungsi KUA” jelas Kasiman mentup sambutannya.(ant/bd)