Library Tour MTsN 2 Magelang ke Perpusda Kabupaten Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – MTsN 2 Magelang melakukan kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Magelang, Kamis, (04/08/2022). Kunjungan bertajuk “Library Tour Dispuspa Kab. Magelang” tersebut diikuti oleh 32 siswa didampingi Guru Pembimbing, Wali Kelas dan petugas Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 2 Magelang.

Kepala Perpustakaan Baitul Hikmah MTsN 2 Magelang, Sigit Indardi Purnomo, menyampaikan kegiatan kunjungan ke Perpusda Kabupaten Magelang merupakan salah satu bentuk kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini.  

Melalui kunjungan ke Perpusda ini, harapannya dapat mengenalkan perpustakaan sebagai jantungnya ilmu pengetahuan.

“Melalui kegiatan ini kita berharap siswa akan lebih mengenal perpustakaan sebagai jantungnya ilmu pengetahuan,” kata Sigit.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa dikenalkan pelayanan Perpusda Kab. Magelang misalnya cara mengakses buku-buku bacaan, pengenalan dan cara mengoptimalkan Ebook, eksplorasi berbagai macam koleksi dan mengikuti bazar yang diselenggarakan Perpusda Kab. Magelang.

Pustakawan Perpusda Kab. Magelang, Arifah Fitrotin menyampaikan bahwa Perpusda Kab. Magelang telah menjalin Kerjasama dengan perpustakaan sekolah di lingkungan kabupaten Magelang.

“Kita menjalin kerjasama dengan perpustakaan dari berbagai macam sekolah termasuk dengan MTsN 2 Magelang. Dalam memperkenalkan sekaligus mendekatkan para siswa dengan perpustakaan sebagai pusatnya ilmu pengetahuan,” kata Fitrotun.

Melalui kegiatan tersebut madrasah berharap akan semakin meningkatkan budaya membaca siswa sehingga mampu mewujudkan cita-cita mereka.

Selain kegiatan kunjungan perpusatakaan, selama ini Perpusda Kabupaten Magelang telah banyak menyelenggarakan kegiatan dalam rangka peningkatan literasi dan meningkatnya mutu perpustakaan antara lain sosialisasi pengelolaan perpustakaan, monitoring perpustakaan, pembimbingan dan pendampingan akreditasi perpustakaan, advokasi perpustakaan madrasah, magang pengelola perpustakaan, bantuan buku bacaan bagi perpustakaan, pendokumentasian karya guru di Dispuspa, Rakor Kepala Madrasah se-Kabupaten Magelang dengan Dispuspa terkait sinergitas program, dan partisipasi madrasah dalam kegiatan lomba yang diadakan Dispuspa.(KF-m45k/Sua)

Guru dan Siswi MTsN 2 Magelang melakukan eksplorasi koleksi buku-buku di Perpusda Kab. Magelang, Kamis, 04/08/2022