Mantapkan Persiapan, MAN 2 Banjarnegara Gelar Simulasi KSM 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam rangka memantapkan persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, MAN 2 Banjarnegara menggelar simulasi pada hari Selasa (9/8). Kegiatan tersebut dilaksanakan di laboratorium komputer MAN 2 Banjarnegara dan diikuti oleh seluruh peserta KSM jenjang Madrasah Aliyah (MA) se- Kabupaten Banjarnegara. Simulasi terbagi menjadi tiga sesi dengan durasi 120 menit untuk masing-masing sesi.

Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono menyampaikan bahwa simulasi hari ini bertujuan untuk memantapkan persiapan KSM yang besok akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022. “Hari ini kita adakan simulasi agar peserta KSM siap saat pelaksanaan lomba besok. Dengan persiapan yang mantap, insyaallah pelaksanaan KSM dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya.

KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Mata pelajaran yang dilombakan terdiri dari mapel Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi untuk jenjang MA. Soal-soal KSM meliputi bidang keilmuan murni yang diintegrasikan dengan ilmu-ilmu agama Islam.

Ambar selaku Wakil Kepala Bidang Akademik menyampaikan alur dari kegiatan simulasi ini. “Simulasi KSM 2022 ini pada intinya untuk memastikan akun siswa bisa digunakan dan dapat login serta siswa berlatih mengerjakan soal KSM. Kegiatan ini penting agar setiap kendala dapat kita antisipasi sejak awal. Saat pengecekan kartu peserta, tadi pengawas juga masih menemukan beberapa madrasah yang salah cetak, sehingga harus mengulang cetak kartu. Semoga kendala seperti ini tidak terjadi lagi saat pelaksanaan KSM besok.” paparnya.

Pelaksanaan simulasi KSM 2022 tingkat Kabupaten Banjarnegara yang dilaksanakan di MAN 2 Banjarnegara berjalan dengan lancar, walaupun di awal sempat mengalami sedikit kendala. “Alhamdulillah simulasi KSM berjalan lancar, walaupun di awal sempat terkendala beberapa komputer tidak dapat digunakan untuk login, namun dapat diatasi dengan pindah komputer,” ungkap Sigit Sugiyanto selaku proktor KSM Kabupaten Banjarnegara. (fn/ak/rf)