MIN 1 Sukoharjo Kedatangan Tim dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sukoharjo – Berdasarkan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 (pasal 1 ayat 2) Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Tahun 2022 menjadi tahun penting bagi MIN 1 Sukoharjo untuk melaksanakan akreditasi yang sudah tertunda ditahun 2019 karena pandemi.

Pukul 06.00 wib pagi, para guru dan karyawan sudah siap menyambut para asesor yang akan melaksanakan visitasi akreditasi pada 12-13 Agustus 2022. Semua berkas yang mencakup empat komponen penilaian akreditasi sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya oleh para guru dan karyawan.

“Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk akreditasi ini, kami berharap perjuangan kami ini menghasilkan predikat nilai akreditasi yang unggul. Dan terimakasih kepada para asesor atas ilmu yang telah diberikan semoga menjadi perbaikan untuk kita semua kedepannya,” ungkap kepala MIN 1 Sukoharjo, Erma Nurlalila Ariyanti.

Rangkaian acara dimulai dari temu awal yang dimulai dari penyerahan surat tugas asesor dan penjelasan tim asesor yaitu Mustofa Ichsanudin, dan Wiyono, mengenai teknis pelaksanaan visitasi akreditasi MIN 1 Sukoharjo. Dalam kesempatan tersebut tim asesor menjelaskan mengenai prosedur visitasi. “Kami tim asesor bertugas untuk melakukan visitasi dalam empat komponen yang akan dinilai dalam akreditasi. Empat komponen tersebut berupa komponen mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, administrasi madrasarah,” jelas kedua asesor.

Tim asesor memulai tugasnya dengan mewawancarai tokoh masyaratat dan komite. Beberapa guru juga sudah bersiap untuk menjelaskan berkas-berkas komponen yang diperlukan asesor. Wali murid serta beberapa murid MIN 1 Sukoharjo pun ikut diwawancarai guna menghimpun beberapa informasi dari beberapa sumber.

Proses pembelajaran dan observasi lingkungan juga tak lepas dari penilaian tim asesor, semua terhimpun dalam acara temu awal dan diakhiri oleh temu akhir yang dilengkapi dengan refleksi seluruh kegiatan visitasi akreditasi MIN 1 Sukoharjo.

“Kami selaku pengawas, mendoakan semoga semua rangkaian akreditasi ini berjalan dengan lancar dan semoga MIN 1 Sukoharjo, yang notabene nya termasuk salah satu madrasah yang ada dibawah pengawasan kami mendapat nilai unggul. Semoga kedepannya MIN 1 Sukoharjo bisa terus mempertahankan nilai-nilai yang sudah bagus dan terus memperbaiki diri sesuai arahan asesor,” ungkap Umi Salasatun, selaku Pengawas Madrasah Kecamatan Sukoharjo (omk/djp/rf)