MIN 2 Sukoharjo jadi Tuan Rumah Gelaran KSM MI se-Kabupaten Sukoharjo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

SUKOHARJO – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) se-Kabupaten Sukoharjo tahun 2022 kembali digelar, tahun ini MIN 2 Sukoharjo yang berlokasi di kampus 1 menjadi tuan rumah untuk kegiatan KSM jenjang MI pada hari Senin, 15 Agustus 2022 yang sebelumnya juga ditempat yang sama diadakan Simulasi KSM pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 dan alhamdulilah berjalan dengan lancar dan sukses.

KSM ini diikuti oleh 222 peserta dari 82 madrasah se-Kabupaten Sukoharjo yang terdiri dari 111 peserta KSM mapel Matematika terintegrasi dan 111 peserta mapel IPA terintegrasi. “Dari sekian peserta nantinya dibagi menjadi delapan ruangan dan masing-masing ruangan diisi oleh 14 dan atau 13 Peserta dan juga tentunya diawasi oleh satu orang pengawas disetiap ruangan dan kegiatan KSM ini terdapat proktor yang terdiri dari tiga orang “ ungkap Widodo selaku Ketua KKKMI Kabupaten Sukoharjo.

Masih menurut Widodo, Peserta KSM dikelompokkan per ruangan berdasarkan data base pendaftaran dan sampai berita ini dibuat sudah ada satu peserta KSM mapel Matematika terintegrasi yang absen.

KSM ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan sesi pengerjaan yang sudah ditentukan oleh panitia, yaitu sesi pertama mulai pukul 09.30 -11.00. WIB untuk mapel Matematika dan sesi kedua pukul 13.30 – 15.00 WIB untuk mapel IPA. Sebelumnya, para pendamping dari masing-masing Madrasah diharuskan untuk registrasi, kemudian barulah para peserta KSM mencari ruangan mereka masing-masing dan mulai mengerjakan soal sesuai sesi yang sudah dijadwalkan.

Banyak yang perlu disiapkan untuk menggelar kegiatan KSM ini, salah satunya adalah masalah koneksi internet. Maka Panitia menghimbau supaya peserta membawa modem yang sinyalnya bagus. Selain itu, pengawas juga harus teliti dalam mengawasi para peserta KSM dalam mengoperasikan komputer, serta tidak boleh berlalu-lalang karena di setiap komputer terdapat kamera yang aktif dan terhubung ke pusat.

“Takutnya nanti ketika pengawas ada di belakang peserta dan tertangkap kamera, nanti bisa jadi dianulir sebagai pelanggaran” terang Widodo.  “Pengumuman hasil juara insyaa Allah akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2022 dan akan diambil Juara 1, 2 dan 3 dan Juara Harapan 1, 2 dan 3 namun yang akan maju KSM ke tingkat Provinsi adalah yang Juara 1, 2 dan 3, ” imbuhnya.

Sementara itu Muh Mua’alim selaku Kepala Kankemenag Kabupaten Sukoharjo menjelaskan bahwa dalam kegiatan KSM ini, nantinya yang terbaik akan mewakili KSM ditingkat provinsi dan yang terbaik ditingkat provinsi akan mewakili KSM ditingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 -14 Oktober 2022 di Jakarta. “Tidak adanya lagi ujian akhir nasional sebagai tolok ukur, maka lomba-lomba semacam ini yang akan meningkatkan citra madrasah kita di masyarakat, apalagi pas tingkat nasional itu menjadi juara satu maka akan dijuluki oleh masyarakat sebagai madrasah yang favorit,” ungkap Muh Mualim.

Lebih jauh Muh Mualim menjelaskan, adapun yang dimaksud sains terintegrasi adalah adanya materi agamanya yang diintegrasikan kedalam materi sains.  “ Jadi sains yang dihubungkan dengan pelajaran agama misalnya yang berhubungan dengan dalil “ jelas Muh Mualim.

Pada kesempatan yang sama,  Wiretno selaku Kepala MIN 2 Sukoharjo yang menjadi tuan rumah KSM ini mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya KSM jenjang MI tingkat Kabupaten di MIN 2 Sukoharjo. Ia berharap wakil dari KSM tingkat Kabupaten Sukoharjo benar – benar dari hasil Kompetisi yang sehat dan sportif dan bisa menjuarai KSM sampai tingkat tertinggi.

Rangkaian kegiatan KSM tersebut dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kabupaten Sukoharjo ditandai dengan dibacanya Surat Al Fatihah, sekaligus memohon lindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar KSM tersebut dapat berjalan lancar dan sukses sebagaimana yang termaktub dalam doa yang dibacakan oleh Muh Syaifuddin di ujung acara. (gun/djp/rf)