MTsN 2 Boyolali Ikuti Upacara Hari Pramuka di Kecamatan Nogosari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (MTsN 2 BYL) – Bulan Agustus juga diperingati sebagai Hari Pramuka. Tahun 2022 ini adalah peringatan Hari Pramuka yang ke-61. Hari pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus sejak 1961. Ini merujuk pada sejarah kepramukaan di Indonesia, di mana pada tanggal tersebut di tahun 1961, Presiden RI Ir. Soekarno melantik Majlis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas, Kwarnari. Pelantikan ini kemudian disusul dengan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dari Presiden RI dan defile akbar oleh anggota pramuka di Jakarta. Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang suka Berkarya.

Untuk memperingati Hari Pramuka yang ke-61 ini salah satu kegiatan adalah upacara yang diselenggarakan di Kecamatan Nogosari. Upacara diikuti oleh satuan Gugus Depan (Gudep) dari masing-masing sekolah dan Saka. Termasuk dari MTs Negeri 2 Boyolali. Semua peserta didik kelas VII, VIII dan IX mengikuti upacara Hari Pramuka pada Senin, (15/08) di Lapangan Kecamatan  Nogosari. Demikian juga Kepala Madrasah sebagai tamu undangan serta semua Tendik dan Tenaga Kependidikan sebagai pendamping kegiatan tersebut. Semuanya terlihat sangat antusias mengikuti upacara terbukti pada pukul 07.00 WIB nampak peserta didik sudah berjejer rapi sesuai kelas masing-masing di point meeting yaitu terminal Nogosari kemudian dengan tertib berjalan sesuai barisanya ke Lapangan Nogosari.

Upacara di pimpin langsung oleh Camat Nogosari Joko Prihantoro selaku Kamabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Nogosari dan di hadiri oleh segenap pengurus Pramuka tingkat Kecamatan Nogosari, kegiatan upacara berjalan hikmat dan lancar, adapun tema di Hari Jadi ke-61 Pramuka yaitu “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan didalam Gerakan Pramuka, semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya, semua kode kehormatan gerakan pramuka itu ditekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membedakan-bedakan suku, agama, ras dan antar golongan

Pembina Upacara hari jadi Pramuka ke 61 di Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Nogosari, Joko Prihantoro mengatakan dalam sambutanya bahwa jiwa patriotisme harus dipupuk dan ditumbuhkembangkan pada setiap anggota pramuka. Jiwa patriotisme tersebut sebagai bekal dalam menyongsong masa depan.

“Tumbuhkan jiwa patriot bangsa sebagai anggota Pramuka dan dengan wadah gerakan Pramuka jadilah adik-adik yang cerdas dan mampu menyongsong masa depan adik-adik pada zamannya nanti ,” ucapnya. Usai mengikuti Upacara peringatan hari jadi Gerakan pramuka Ke-61, semua peserta didik pulang kerumah masing masing dan melanjutkan kegiatan pembelajaran secara daring. (AA/ZN/Jaim/rf)